Bima Sakti Segera Gantung Sepatu

Pemain Persiba Balikpapan berusia 41 tahun ini dikabarkan akan segera gantung sepatu. Ini terkait dengan tugas barunya sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia, yang kini dijabat pelatih asal Spanyol, Luis Milla.

Pemain Persiba Balikpapan berusia 41 tahun ini dikabarkan akan segera gantung sepatu. Ini terkait dengan tugas barunya sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia, yang kini dijabat pelatih asal Spanyol, Luis Milla.

Adubola.com – Bintang Persiba Balikpapan  tersebut, Bima Sakti, selama ini dikenal sebagai legenda sepakbola Indonesia. Sejak awal musim 2016/17 ini, ia bermain untuk Persiba Balikpapan dan masih andal mengolah bola hingga dipercaya turun dalam 16 pertandingan. Sejauh ini, Bima Sakti sumbangkan sebiji gol untuk timnya itu.

Bima menyatakan akan pensiun setelah ia diberitakan akan jadi asisten pelatih Luis Milla, pekan lalu. Bima Sakti berniat untuk membantu dan dampingi Luis Milla, selama pelatih berusia 50 tahun itu mengasah Tim Garuda.

Bima Sakti memang bukan satu-satunya asisten pelatih Luis Milla. Pasanya, pelatih yang pernah melatih tim nasional usia dini Spanyol itu juga membawa dua asisten asal negaranya, Luis Cembranos dan Miguel Gandia. Selain itu ada pula Simon Toselli, bakal asisten Luis Milla yang juga asal Spanyol, dan sudah cukup lama menetap di Indonesia. Rencananya, Simon juga akan menjadi penerjemah bagi Luis Milla dan kawan-kawan. “Kemungkinannya, saya akan pensiun. Karena, di saat sudah menjadi asisten pelatih tim nasional, kesempatan saya untuk bermain sudah tidak ada lagi,” ujar Bima Sakti.

Selain itu, Bima Sakti sadar betul mengenai adanya regulasi pembatasan pemain berusia 35 tahun yang berlaku saat ini. Walau sejauh ini, klubnya Persiba Balikpapan tidak punya pemain lain yang usianya di atas 35 tahun selain Bima Sakti, hingga selama ini ia masih bisa bermain. “Tapi, saya akan fokus di timnas,” ujar Bima Sakti yang pernah membela sejumlah tim di Indonesia, di antaranya PSPS Pekanbaru, Pelita Jaya dan Mitra Kukar ini.

Sejauh ini, Bima Sakti juga yakin, Persiba Balikpapan tak akan halangi niatnya untuk gabung dan membangun Timnas Indonesia. “Saya yakin klub akan mengijinkan, karena semua ini untuk kepentingan negara. Selain itu, hal ini juga peluang bagus bagi saya,” ujar Bima Sakti yang jebolan Sampdoria Primavera ini.