Buntut Meninggalnya Suporter, Persib Disanksi 5 Pertandingan

Persib Bandung harus menanggung penuh aksi oknum suporternya yang mengeroyok sesama Bobotoh hingga meninggal dunia. Komisi Disiplin PSSI pun jatuhkan sanksi berat untuk tim Maung Bandung.

Akibat insiden pengeroyokan sesama Bobotoh yang menewaskan seorang suporter itu, Persib dijatuhi sanksi harus bermain tanpa penonton dalam lima pertandingan. Sanksi itu diberlakukan Komisi Disiplin baik dalam pertandingan kandang maupun tandang yang dilakoni tim Maung Bandung tersebut.

Sanksi itu diputuskan Komdis PSSI setelah Bobotoh kembali berperilaku buruk saat Persib bertemu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7) lalu. Bukan hanya pengeroyokan sesama Bobotoh, suporter Persib juga menyalakan kembang api, lakukan aksi pelemparan botol ke area lapangan pertandingan, bahkan memukul ofisial tim Persija.

Adapun sanksi ini, diputuskan Komdis PSSI dengan merujuk kepada pasal 67 dan 11 huruf (e) kode disiplin PSSI. Atas dasar itu, fans Persib Bandung dilarang memasuki stadion dalam lima pertandingan,

Menurut Ketua Komisi Disiplin PSSI, Asep Edwin Firdaus, larangan bagi Bobotoh untuk memasuki stadion itu bahkan sudah berlaku sejak Persib tandang ke markas Perseru Serui, Sabtu (29/7), di mana tim Maung Bandung kalah 2-1.

Selanjutnya, Persib akan bermain tanpa penonton dalam empat pertandingan di putaran ke dua Liga 1 Indonesia. Yakni, saat menjamu PS TNI 5 Agustus 2017, tandang ke markas Arema FC 12 Agustus, bermain di kandang Sriwijaya FC 16 Agustus, dan saat menjamu Persegres Gresik United pada 20 Agustus 2017.

Dalam situs resminya, Persib menyatakan akan mengajukan banding atas sanksi Komdis PSSI tersebut. Rencananya, Koordinator Umum Panpel Persib, Budhi Bram Rachman akan ajukan banding tersebut, terutama karena dua dari lima pertandingan ke depan adalah pertandingan kandang. Jika Persib harus bermain tanpa penonton, maka panpel tak bisa menjual tiket untuk penonton di markasnya sendiri.

Selain sanksi larangan bermain, Persib juga dijatuhi sanksi denda sebesar Rp611 juta. Jumlah denda itu lebih besar dari sebelumnya, bahkan sembilan kali hukuman denda yang dijatuhi Komdis PSSI sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here