FIFA Kucurkan Dana untuk Sepakbola Indonesia

FIFA lagi-lagi perlihatkan keseriusannya untuk mendukung pengembangan sepakbola Indonesia.

PSSI Logo

FIFA lagi-lagi perlihatkan keseriusannya untuk mendukung pengembangan sepakbola Indonesia.

Adubola.com – Kali ini, FIFA akan kucurkan lima juta dolar AS atau sekitar Rp66,6 Miliar untuk peningkatan kualitas sepakbola Indonesia.

Sebelumnya, FIFA lakukan kunjungan ke PSSI pada 18 dan 19 Februari lalu. FIFA yang diwakili Manajer Senior Strategi Pengembangan FIFA, Tom Gorissen, dan Direktur Asosiasi Asia-Oceania, Sanjeevan C Balasingam, menyatakan kesanggupan atas bantuan tersebut.

Meski demikian Kepala Bidang Teknis FIFA, Marco Van Basten, urung ikut dalam rombongan FIFA ke Indonesia kali ini, karena sakit. Selain akan memberikan bantuan, FIFA juga datang dengan sejumlah program. FIFA berharap ada sinergi antara PSSI dan FIFA -juga AFC- demi kemajuan sepak bola Indonesia di masa mendatang.

Nantinya, setiap tahun PSSI akan mendapat bantuan 1,25 juta dolar atau sekitar Rp16,6 Miliar dari FIFA. Dana itu terdiri 500 ribu dollar untuk operasional dan pelaksanaan program seperti sekretariat jenderal, direktorat teknis, liga sepakbola putera, liga sepakbola puteri, strategi pengembangan sepakbola puteri, good governance, pembinaan wasit, kompetisi yunior putra dan puteri, setta strategi pengembangan sepakbola di masyarakat.

Sedangkan 750 ribu dolar lainnya disiapkan untuk program wilayah strategis, organisasi, area olahraga dan pengembangan infrastruktur sepakbola. “Sepakbola Indonesia dinilai sangat luar biasa. Kami beri bantuan uang pada PSSI agar bisa jalankan program dengan baik,” ujar Sanjeevan.

“Kami sudah dengar rencana PSSI, kami cari solusi untuk pengembangan pemain dan hal-hal yang harus diperbaiki. Sudah ada analisa dari PSSI dan akan kami pecahkan bersama-sama,” lanjut Gorissen.

PSSI yang diwakili Wakil Ketua Umum, Joko Driyono, menyatakan siap untuk maksimalkan bantuan FIFA. “PSSI ingin maksimalkan semua dukungan dari dunia internasional maupun nasional, sehingga kita bisa mengejar ketertinggalan dari negara lain dalam hal sepakbola dunia. Ini berkah untuk sepakbola Indonesia, karena kami bisa bersinergi dengan program FIFA, seperti yang sudah diputuskan dalam kongres,” ujar Joko Driyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here