Jebolan Ajax Amsterdam Ini Resmi Jadi WNI

Jebolan Ajax Amsterdam yang satu ini, Ezra Walian, kini bisa perkuat timnas senior Indonesia.

Sepakbola Indonesia – Pesepakbola muda berdarah Manado, Ezra Walian, baru saja resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI), tepat di hari Kamis (18/5) ini. Ia pun sudah diambil sumpah dan status barunya tersebut langsung diresmikan di kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI.

Saat diambil sumpahnya sebagai WNI, striker yang baru berusia 19 tahun itu didamping ayahnya, Glen Walian, dan manajernya, Wide Putra.

Ezra dikenal sebagai pesepakbola muda lulusan akademi Ajax Amsterdam, yang selama ini membela tim muda Ajax, Jong Ajax, dan bermain di divisi dua Liga Belanda sejak 2012. Pada akhir musim ini, Ezra tak perpanjang kontraknya di Jong Ajax, dan akan langsung gabung ke pelatihan nasional (Pelatnas) Timnas U-22 Indonesia di Bali.

Ezra Walian sendiri sebenarnya sudah resmi membela Indonesia. Ia bahkan sudah diturunkan saat Timnas U-22 berujicoba melawan Myanmar, 21 Maret silam. Peresmian Ezra gabung ke Timnas Indonesia sebelumnya juga sudah dikukuhkan dengan keputusan presiden yang ditandatangani Presiden Joko Widodo. Pada Kamis ini, Ezra tinggal menyelesaikan beberapa proses formalitas layaknya seseorang yang ingin jadi WNI.

Pada Maret lalu, dalam situs resmi Kementerian Olahraga dan Pemuda, Ezra pun sudah dinyatakan resmi sebagai pemain naturalisasi Indonesia. Pihak PSSI sendiri sebelumnya sudah menganggap, adanya surat keputusan presiden sudah cukup bagi Ezra untuk tampil membela Timnas Indonesia. Termasuk dalam ujicoba melawan Timnas Myanmar jelang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here