Kualifikasi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia Cukur Mongolia!

651

Timnas Indonesia U-22 berpeluang melaju ke putaran final Piala Asia U-23/2018 setelah menang di pertandingan ke dua. Tak tanggung-tanggung, skuad Luis Milla itu membantai Timnas Mongolia, 7-0, Jumat (21/7) sore tadi.

Liga Indonesia  - Kualifikasi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia Cukur Mongolia!

Timnas Indonesia akhirnya menang – dengan skor telak pula, di pertandingan kedua babak penyisihan Grup H ajang kualifikasi Piala Asia U-23, Jumat (21/7). Indonesia sukses membantai Mongolia, 7-0, di Stadion Nasional, Bangkok.

Hal ini tentunya jadi pengobat kekalahan memalukan, 0-3, yang sebelumnya dialami Indonesia dari Malaysia. Kemenangan inipun membuat Timnas Indonesia U-22 beranjak naik dan mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan, serta munculkan kembali harapan untuk melaju ke putaran final di China tahun depan.

Sedangkan Mongolia, tetap dengan koleksi satu poinnya setelah mereka sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan Thailand. Namun, berikutnya Indonesia akan hadapi lawan berat, yakni tuan rumah Thailand, Minggu (23/7).

Dalam pertandingan ke dua hari ini, pelatih Luis Milla lakukan perubahan dalam susunan pemain inti dalam skuad yang bertanding melawan Mongolia tersebut. Pelatih asal Spanyol itu bahkan mengganti hingga tujuh pemain yang sebelumnya tampil di awal pertandingan.

Hadapi Mongolia, Luis Milla memang tegaskan, bahwa Indonesia wajib menang! Itulah sebabnya, tim Merah Putih sudah tampil menyerang sejak awal laga. Hasilnya, peluang gol bagi Garuda Muda bahkan sudah tercipta saat pertandingan baru berjalan enam menit. Sayangnya, peluang Marinus Wanewar itu berhasil diamankan Mongolia.

Indonesia akhirnya memimpin 1-0 di menit 17 lewat aksi Saddil Ramdani. Winger Persela Lamongan itu berhasil mengecoh pemain lawan dan sarangkan bola dengan tendangan kaki kirinya. 1-0 Untuk Indonesia!

Berikutnya, Saddil kembali mendapat peluang gol dua menit kemudian. Sayangnya, tembakan pemain 18 tahun itu berhasil diblok kiper lawan. Indonesia lalu berhasil gandakan keunggulan lewat sundulan Marinus Wanewar tepat di menit 30, dengan manfaatkan umpan crossing Osvaldo Haay.

Indonesia menutup laga di babak pertama dengan skor kemenangan 3-0, setelah skuad Luis Milla kembali kantongi gol lewat aksi Gavin Kwan. Gavin yang bebas dari pengawalan pemain Mongolia, berhasil memanfaatkan umpan Marinus dengan sundulannya di menit 34.

Seakan tak puas dengan kemenangan 3-0, Indonesia terus menggempur pertahanan lawan di babak ke dua. Hingga akhirnya, di menit 56, Indonesia kembali unggul 4-0 lagi-lagi lewat aksi Saddil Ramdani. Saddil berhasil memanfaatkan bola rebound, setelah tendangan bebas kubu Indonesia sebelumnya berhasil ditinju kiper Mongolia, Amarbayasgalan.

Di saat kedudukan Indonesia sudah unggul 4-0 itulah, Mongolia berusaha mengejar dan menebarkan ancaman. Beruntung upaya Tuguldur Galt di menit 62 dan Tuguldur Munkh-Erdene satu menit berikutnya, berhasil digagalkan para pemain Timnas Indonesia. Bahkan hingga menit 64, Mongolia terus menebarkan ancaman tersebut, yang untungnya tak satupun yang merobek jala gawang Kartiko Ajie.

Indonesia kembali menyerang tepat di menit 70. Sayangnya, upaya Septian David Maulana hanya mengenai mistar gawang Mongolia. Namun, hanya berselang satu menit saja Indonesia berhasil menambah skornya menjadi 5-0, setelah Osvaldo Haay sukses menyambar bola rebound hasil tembakan Evan Dimas yang diblok kiper lawan.

Setelah gol ke lima inilah, pelatih Luis Milla lakukan pergantian pemain, dengan menerjunkan Andy Setyo untuk memperkuat lini pertahanan, dan Ryuji Utomo yang turun menggantikan Bagas Adi Nugroho di menit 77.

Selang 11 menit kemudian, Indonesia berhasil mencetak gol ke enam lewat aksi Gavin Kwan, yang lagi-lagi memanfaatkan bola rebound di depan gawang lawan. Sebagai penutup, Septian David Maulana akhirnya ikut menyarangkan tembakannya di masa injury time, dan membuat Indonesia menang telak, 7-0, atas Mongolia.

Susunan Pemain

Mongolia: Saikhanchuluun Amarbayasgalan, Munkh-Orgil Orkhon, Tuguldur Galt, Narmandakh Artag, Uuganbat Bat-Erdene, Bilguun Damdindorj, Ganbayar Ganbold, Tuguldur Munkh-Erdene, Tserenbayar Boldbaatar, Oyunbaatar Mijiddorj, Gal-Erdene Soyol-Erdene.

Indonesia: Kartiko Ajie, Rezaldi Hehanusa, Bagas Adi Nugroho/Ryuji Utomo, Hansamu Yama, Gavin Kwan, Osvaldo Haay, Evan Dimas, Hargianto/Andy Setyo, Saddil Ramdani/ Yabes Roni, Marinus Wanewar, Septian David Maulana.

LEAVE A REPLY