Ini Wasit Asing yang Kawal Persib vs PS TNI

Persib Bandung menang 3-1 atas PS TNI di partai lanjutan Liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (5/8). Di awal putaran kedua ini laga tersebut dikawal ketat tiga wasit asing asal Australia.

Dalam laga itu, Persib unggul lewat dua gol Raphael Maitimo di menit 15 dan 66, serta sebuah gol mantan bintang Chelsea, Michael Essien, di menit 24. Sedangkan PS TNI baru bisa membalas di pengujung laga lewat aksi Sansan.

Pertemuan antara Persib dan PS TNI tersebut, laga dipimpin wasit asal Australia, Shaun Robert Evans, yang dibantu dua asisten wasit, George Lakrindis dan Wilson Brown. Wasit kepala Shaun Robert Evans diketahui sudah kantongi lisensi FIFA sejak tahun 2016.

Sementara, ia sudah menjadi wasit dalam banyak pertandingan A-League sejak 2012, dan juga pernah memimpin pertandingan final Chinese FA Cup dan pertemuan antara West Sydney kontra Arsenal.

Di antara dua asistennya, yakni George Lakrindis juga tercatat sebagai asisten wasit FIFA sejak tahun 2015. Ia sebelumnya sudah menjadi asisten wasit A-League sejak tahun 2010, dan pernah mengawal pertandingan di Kirin Cup antara Bosnia kontra Denmark. Sementara asisten wasit lainnya, Wilson Brown, sudah menjadi asisten wasit A-League sejak tahun 2015, dan pernah bertugas di semifinal Piala FFA.

Selain menggunakan wasit asing berlisensi FIFA, dalam pertandingan ini PSSI juga berikan alat bantu komunikasi berupa earphone dan mikrofon tanpa kabel untuk menunjang pekerjaan mereka selama memimpin jalannya pertandingan. “Kami biasa gunakan alat komunikasi ini di level kompetisi internasional, Asia dan liga domestik,” ujar Robert Evans.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here