Liga 1 Indonesia Segera Dikawal Wasit Asing

Liga 1 Indonesia barangkali akan sedikit berbeda di putaran ke dua nanti. Pasalnya, kompetisi sepakbola teratas di tanah air itu akan gunakan wasit asing sebagai pengadil di lapangan.

Liga 1 Indonesia akan gunakan wasit asing di putaran ke dua nanti. Ini diputuskan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) agar kompetisi bisa berlangsung lebih menarik.

Tentu saja, ini merupakan kebijakan baru yang akan diterapkan PT LIB. Namun, mereka menilai, keberadaan wasit asing diharapkan membuat ajang Liga 1 Indonesia lebih menarik, di samping juga lebih berkualitas nantinya. “Kami ingin nantinya ada pertukaran ilmu, apalagi wasit lokal sering mendapat kritik di putaran pertama lalu,” ujar direktur utama PT LIB, Berlinton Siahaan.

Dipilihnya penerapan wasit asing dalam pertandingan Liga 1 Indonesia, juga didasarkan banyaknya kritik yang menyatakan tidak puas dengan kualitas wasit dalam negeri/lokal. PSSI sebelumnya bahkan sudah istirahatkan hingga 23 orang wasit Liga 1 dan Liga 2 karena banjir kritik tersebut.

Meski demikian, nantinya keberadaan wasit-wasit asing itu tidak akan menggeser wasit lokal yang sudah ada. Baik wasit asing maupun lokal itupun akan tetap bekerja sama, karena mereka hanya akan bertugas sebagai wasit utama.

Selain itu, PT LIB juga akan memperhatikan mana yang lebih baik, apakah wasit lokal atau asing. Dengan melihat kinerja mereka di lapangan, maka Berlinton yakin wasit asing tidak akan selalu lebih bagus dari wasit lokal.

Sejauh ini, PT LIB mengaku butuh waktu sekitar tiga pekan untuk datangkan beberapa wasit asing ke Indonesia. Rencana itu sendiri sudah dikabulkan PSSI dan ditanggapi secara positif oleh AFC. Nantinya, wasit-wasit asing tersebut hanya akan memimpin 50 persen dari keseluruhan laga yang digelar setiap pekan.

PT LIB mengaku sudah mengurus proses administrasi dari rencana ini kepada PSSI, dan nantinya akan dikomunikasi otoritas sepakbola Indonesia itu dengan pihak AFC. Dari AFC itulah, PSSI akan mendapat daftar nama dan negara asal wasit asing tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here