Mangkir dari Timnas Bek Persija Disanksi PSSI

76

Komisi Disiplin PSSI akhirnya jatuhkan sanksi terhadap bek Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa, akibat tak penuhi panggilan Timnas Indonesia.

Liga Indonesia  - Mangkir dari Timnas Bek Persija Disanksi PSSI

Berita Liga Indonesia – Akibat mangkir dari panggilan Timnas Indonesia, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI jatuhkan sanksi larangan bermain dalam dua pertandingan terhadap pemain belakang Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa.

Sedianya, sanksi itu harus dijalani Rezaldi mulai 5 Juni mendatang. Bukan itu saja, selain sanksi larangan bermain, Rezaldi juga harus membayar denda sebanyak Rp20 juta akibat tidak hadiri panggilan seleksi tim nasional.

Saat kemukakan alasannya sakit dan tak bisa datang ke seleksi timnas, Rezaldi malah kedapatan tetap bermain untuk Persija Jakarta di kompetisi Liga 1. Rezaldi pun dianggap tak mau patuhi panggilan tim nasional.

“Pemain Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa, dijatuhi sanksi larangan bermain sebanyak dua kali dan denda Rp20 Juta, karena terbukti tak hadir saat dipanggil seleksi tim nasional dengan alasan sakit, tapi bermain untuk Persija Jakarta di kompetisi Liga 1. Sanksi ini berlaku mulai 5 Juni 2017,” demikian pernyataan resmi Komisi Disiplin PSSI terkait sanksi pada Rezaldi.

Bagi Persija sendiri, Rezaldi hanya akan absen dalam satu pertandingan saja, yakni saat Persija menjamu Sriwijaya FC. Tapi, saat harus jalani sanksi larangan bermain dalam satu pertandingan lainnya, yakni saat Persija main di kandang PS TNI, Rezaldi tengah berada di Phnom Penh, untuk ikuti laga ujicoba Timnas Indonesia kontra Kamboja.

Sebelumnya diberitakan, mangkirnya Rezaldi dari panggilan Timnas Indonesia ini sempat mengundang kemarahan Ketua PSSI, Edy Rahmayadi. Namun, Persija berusaha membelanya, dan katakan Rezaldi tak datang penuhi panggilan tim nasional semata-mata karena cedera.

Saat tahu ada pemain Persija yang tak penuhi panggilan Timnas Indonesia U-22, Edy Rahmayadi dikabarkan marah besar. Diakui Direktur Utama Persija, Gede Widiade, mangkirnya Rezaldi dari pelatnas timnas juga disebabkan kesalahan pihaknya.

Pelatih Tinmas U-22 Indonesia, Luis Milla, juga sempat bicarakan kondisi Rezaldi. Menurut pelatih asal Spanyol itu, Rezaldi tak datang karena cedera, hingga pelatih itu kemudian memanggil Septian David Maulana sebagai penggantinya.

Anehnya, Rezaldi justru ada dalam tim Persija yang terbang ke Persela Lamongan dan bertanding di Stadion Surajaya, 10 Mei lalu. Rezaldi juga dimainkan pelatih Persija, Stefano Cugurra, selama dua kali 45 menit.

Parahnya lagi, Direktur Utama Persija, Gede Widiade, juga merupakan Kepala Departemen Timnas Indonesia. Meski harus diakui, selain Rezaldi, Persija sudah lepas dua pemainnya ke kamp latihan timnas, yakni Muhammad Hargianto dan Ryuji Utomo.

 

LEAVE A REPLY