Menpora Desak PSSI Haruskan Setiap Klub Memiliki Akademi Sepak Bola

53

Adubola.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendesak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengharuskan semua klub sepak bola mempunyai akademi.

Liga Indonesia  - Menpora Desak PSSI Haruskan Setiap Klub Memiliki Akademi Sepak Bola

Adubola.comMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mendesak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk mengharuskan semua klub sepak bola mempunyai akademi.

Menurut Menpora Imam Nahrawi, akademi menjadi salah satu dasar munculnya pemain berprestasi.

Imam Nahrawi mengatakan saat berkunjung ke Aji Santoso International Football Academi (Asifa) Kota Malang, Minggu (5/2), bahwa Club licensing regulations itu memungkinkan untuk semua klub profesional memiliki akademi. FIFA dan AFC mengharuskan kepada seluruh klub profesional memmiliki akademi guna menyediakan pelapis pada usia dini.

Sekarang ini Imam mengatakan belum banyak klub sepak bola di Indonesia mempunyai akademi. Sebab itu, ia mendesak semua klub mempunyai akademi yang diurus oleh manajemen klub itu.

Kita tahu di Indonesia tidak semua klub memiliki akademi. Dengan alasan tersebut Mempora meminta PSSI mesti mewajibkan kepada klub untuk memiliki akademi sepak bola.

Ia mengumpamakan 18 klub yang bermain di Liga 1 2017 masing-masing punya akademi. Ditambah lagi dengan klub yang berkompetisi di bawah Liga 1. Jumlah akademi sepak bola pastinya bakal berkembang dan berdampak positif pada regenerasi pemain.

Bukan cuma untuk klub, Menpora juga mendesak adanya akademi sepak bola yang adalah hasil kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta. Menurut dia, bila mempunyai banyak akademi sepak bola, Indonesia tidak bakal lagi kekurangan pemain lokal berprestasi.

Imam Nahrawi menerangkan apabila semua kabupaten dan kota memiliki akademi sepak bola terintegrasi semacam ini (swasta dan pemerintah), maka kita tidak akan lagi kekurangan cadangan pemain sepak bola.