Piala AFF U-15: Ini Penyebab Kekalahan Indonesia

117

Timnas Indonesia U-16 kalah telak 3-7 dari Australia di pertandingan ke tiga Grup A Piala AFF U-15, Kamis (13/7) malam. Pelatih Fakhri Husaini pun jelaskan penyebab kekalahan memalukan tersebut.

Liga Indonesia  - Piala AFF U-15: Ini Penyebab Kekalahan Indonesia

Akibat kekalahan tersebut, Indonesia kini bertengger di peringkat lima klasemen sementara grup A dengan hanya kantongi satu gol. Sebelumnya Indonesia juga kalah 0-1 dari Thailand, dan hanya imbang 2-2 melawan Myanmar.

Pelatih Fakhri Husaini pun beberkan penyebab kekalahan 3-7 skuad Timnas U-16 dari Australia, setelah sebelumnya sempat memimpin 2-0. Hattrick yang dibukukan Amiruddin Bagus Kahfi seakan tak berarti karena akhirnya Indonesia harus menyerah kalah dengan skor yang cukup telak.

Apalagi, di laga itu Indonesia unggul 2-0 lebih dulu dari Australia. Amiruddin berhasil mencetak gol cepat saat pertandingan baru berjalan tiga menit dan di menit delapan. Tapi, setelah itu, Indonesia malah berbalik tertinggal, bahkan menutup laga di babak pertama dengan kekalahan 2-5.

Amiruddin memang sempat mencetak satu gol lagi di babak kedua, dan ini jadi hattrick yang berhasil dibukukannya untuk Indonesia. Tapi, tiga gol itu tak membantu karena Indonesia akhirnya harus bertekuk lutut, 3-0.

“Taktik untuk bisa mencuri poin dan gol di awal pertandingan sebenarnya tunjukkan kami cukup berhasil. Tapi itu tidak diimbangi dengan kekompakan tim,” tandas pelatih Fakhri Husaini terkait kekalahan memalukan anak-anak asuhannya tersebut.

Karena hal itulah, tim alami banyak kesulitan dalam bertahan. Pemain di lini tengah juga tidak berjalan dengan baik, dan para bek tidak bermain maksimal. Akibatnya, menurut Fakhri, kinerja tim tidak seimbang karena lini tengah dan belakang tak mendukung pergerakan di depan.

Namun, Fakhri tak mau salahkan para pemainnya atas kekalahan tersebut. “Saya tetap harus mengapresiasi kinerja tim yang terus bermain tanpa lelah. Kami akan tetap evaluasi dan memperbaiki tim untuk dua pertandingan sisa,” tambahnya.

Akibat kekalahan ini, Indonesia juga dipastikan tak lolos ke semifinal walau masih punya dua pertandingan lagi, yakni melawan Laos dan Singapura. Pasalnya, kalau menang dalam dua pertandingan itu, Indonesia hanya akan kantongi maksimal tujuh poin.

Sementara tambahan tiga poin telah membuat Australia kini mengoleksi enam poin, dan bertengger di posisi tiga. Sedangkan Thailand di posisi teratas sudah kantongi poin sembilan, dan Myanmar di tempat ke dua telah bukukan tujuh poin.

LEAVE A REPLY