PSSI Berhentikan 18 Wasit Liga 1 dan Liga 2

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) berhentikan 18 orang perangkat pertandingan dari Liga 1 dan Liga 2.

PSSI

Berita Liga Indonesia – Ke-18 perangkat pertandingan itu terdiri dari delapan orang wasit dan 10 asisten wasit. Seluruhnya diberhentikan PSSI untuk sementara waktu.

Diungkapkan Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, PSSI putuskan hal tersebut bersama-sama PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam sebuah pertemuan yang membahas pula evaluasi terhadap kedua liga tersebut.

“Perangkat pertandingan itu diberhentikan PSSI untuk sementara waktu, sampai batas waktu yang akan ditentukan Komite Wasit. Sanksi itu didasarkan pada kinerja yang dipantau di lapangan,” ujar Joko Driyono.

Adapun tujuannya pemberhentikan ofisial pertandingan sementara waktu tersebut, diungkapkan Joko, untuk lindungi integritas kompetisi dan integritas wasit. Sayangnya, PSSI tak mau ungkapkan detil identitas dan di liga mana ofisial pertandingan itu bertugas.

Ia hanya ungkapkan, wasit yang diberhentikan sementara itu paling banyak berasal dari Liga 2. Sementara untuk asisten wasit, dominan berasal dari Liga 1. “Sampai hari ini, PSSI sudah terima 17 surat protes mengenai wasit, dari klub-klub Liga 1 dan Liga 2,” ujar Joko Driyono.

Untuk atas kekurangan jumlah ofisial pertandingan setelah ke-18 ofisial itu diberhentikan, menurut Joko, PSSI akan kerahkan wasit dan asisten wasit yang sudah lulus penyegaran liga. “Jumlah wasit dan asisten wasit masih cukup untuk mengawal jalannya pertandingan,” tandasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here