Untuk Jadi Juara, Ini Saran Luis Milla pada Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, sarankan beberapa hal agar tim Merah Putih bisa meraih emas atau jadi juara di masa depan.

Timnas Indonesia harus puas meraih medali perunggu setelah kalahkan Myanmar, 3-1, di perebutan tempat ke tiga cabang sepakbola SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Thailand akhirnya menjadi tim yang membawa pulang medali emas, dan tuan rumah Malaysia harus puas dengan medali perak di tangan.

Tim sepakbola Indonesia sebelumnya pernah berjaya dan meraih emas di pesta olahraga Asia Tenggara itu. Tetapi, itu terjadi 26 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1991 lalu. Berikutnya, Indonesia hanya langganan perak dan perunggu SEA Games, hingga kembali meraih perak di gelaran tahun ini.

Menurut pelatih asal Spanyol itu, pihaknya harus membahas dan menganalisa panjang lebar agar Indonesia bisa kembali menyabet emas. Perbaikan skuad tim nasional, menurut Luis Milla, harus berawal dari perbaikan dan peningkatan kualitas kompetisi serta fasilitas sepakbola.

“Yang harus diperbaiki, di antaranya Indonesia harus punya dasar-dasar sepakbola, kompetisi, untuk anak-anak dan usia muda. Kemudian, tempat bermain. Harus ada peningkatan dan perbaikan infrastruktur yang terkait dengan sepakbola. Tapi, untuk mencapai dua hal ini, saya pikir butuh waktu dan tidak bisa instan,” tandas Luis Milla.

Untuk perbaikan dunia sepakbola di Indonesia, menurutnya juga harus didukung oleh kurikulum di sekolah-sekolah, agar ide dan cara bermain yang baik bisa diaplikasikan sejak masih usia dini.

“Target kami (di SEA Games 2017) adalah emas, tapi kami terhenti. Saat tim bertanding melawan Malaysia, sebenarnya kami sudah selangkah lagi meraih emas,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here