Wasit Asing Liga 1 Indonesia Segera Bertugas Bulan Depan

Liga 1 Indonesia akan segera dikawal wasit asing. Rencananya, para wasit asing ini akan segera bertugas di awal bulan depan.

Kompetisi Liga 1 2017 makin dipastikan akan dikawal para wasit asing sebagai pengadil di lapangan. Rencananya, mereka akan ditugaskan pada awal Agustus mendatang.

PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebelumnya bertemu dan menggodok berbagai hal terkait wasit asing. Rencananya, PSSI akan gunakan wasit asing sampai kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini berakhir, walau nantinya tetap akan ada evaluasi terkait pengerahan wasit asing ini.

“Ini program fast track untuk membenahi masalah perwasitan. Kami berharap ada pembelajaran bagi wasit-wasit lokal,” ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Diungkapkan Ratu Tisha, wasit asing akan mulai bertugas di Liga 1 Indonesia pada 4 Agustus 2017, atau pada pekan ke-18. PT LIB sebelumnya meminta lima wasit asing, yang kemudian dipenuhi PSSI sebanyak dua wasit tengah dan empat asisten wasit, atau hanya dua paket perangkat pertandingan. Meski demikian, PSSI menjanjikan jumlah paket perangkat pertandingan ini masih bisa bertambah di masa mendatang.

Adapun wasit asing yang akan datang ke Indonesia itu, nantinya hanya akan memimpin pertandingan di setiap dua pekan saja. “Hanya ada dua set perangkat pertandingan, dengan status wasit FIFA. Ini hanya masalah waktu, dan sekarang baru dapat dua, dari permintaan PT LIB yang semula lima. Tapi kami sudah berusaha,” tambahnya.

Untuk periode pertama dua set perangkat pertandingan atau wasit asing ini, nantinya akan didatangkan dari Australia dan Kirgistan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here