Wasit Australia dan Kirgistan Segera Pimpin Liga 1 Indonesia

34

Liga 1 Indonesia segera dipimpin wasit asing. Enam wasit dari Australia dan Kirgistan bahkan dikabarkan sudah datang untuk memimpin putaran dua kompetisi sepakbola teratas di tanah air tersebut.

Liga Indonesia  - Wasit Australia dan Kirgistan Segera Pimpin Liga 1 Indonesia

Ke enam wasit asing tersebut berasal dari Australia dan Kirgizstan. Rencananya, mereka akan bertugas di periode pertama. “PSSI mengambil inisiatif untuk datangkan wasit asing. Australia dan Kirgizstan jadi dua negara pertama yang dipilih PSSI untuk kirimkan wasitnya,” ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Yang jelas, menurut Ratu Tisha, ke enam wasit asing dari dua negara tersebut adalah para wasit yang mengantongi lisensi FIFA.

Rencananya, para wasit asing yang sudah datang ke Indonesia pada Rabu (2/8) kemarin itu, akan bertugas di periode pertama sampai 15 Agustus mendatang. Berikutnya, akan ada lagi wasit asing lainnya yang bertugas di periode dua pada 16-28 Agustus dan pada periode terakhir, tepatnya periode ke tiga, pada 29-11 September 2017.

“Di setiap periode, kami gunakan wasit dari negara yang berbeda,” tandas Ratu Tisha dalam situs resmi PSSI.

Kedatangan wasit asing untuk bertugas dalam pertandingan di kompetisi Liga 1, diungkapkan Ratu Tisha, jadi bagian dari terobosan PSSI untuk tingkatkan kualitas kompetisi. Apalagi, sebelumnya para peserta liga kerap memprotes kepemimpinan para pengadil lapangan di banyak pertandingan.

Mantan direktur wasit FIFA, George Cummings, yang sebelumnya didatangkan PSSI, juga sempat akui bahwa Indonesia perlu tingkatkan kualitas wasit, apalagi hal itu menyangkut kompetisi. Caranya, dengan datangkan wasit asing agar bisa terjadi transfer ilmu ke wasit lokal.

“Hal ini tidak akan berhenti sampai di situ. Karena, PSSI juga tekankan, program penggunaan wasit asing akan mengarah kepada program pertukaran, pada akhirnya,” tambahnya.

Sementara dalam teknis di lapangan, di antaranya soal penempatan atau penugasan wasit asing tersebut, PSSI menyerahkan hal itu kepada PT Liga Indonesia Baru. Adapun ke enam wasit asing yang akan bertugas di periode pertama, adalah:

1. Australia
– Evans Shaun Robert
– Brown Wilson Kenneth
– Lakrindis George

2. Kirgizstan
– Rysbek Sherkerbekov
– Artem Skopintsev
– Eldiiar Salybaev

LEAVE A REPLY