Arsenal Pakai Strategi ‘Cek Toko Sebelah’ Untuk Beli Pemain

Arsenal menggunakan strategi menakut-nakuti sebuah klub yang pasang harga mahal dengan menawar pemain dari klub lain. Salah satu korbannya adalah klub Spanyol ini.

Liga Inggris  - Arsenal Pakai Strategi 'Cek Toko Sebelah' Untuk Beli Pemain

Arsenal menggunakan strategi menakut-nakuti sebuah klub yang pasang harga mahal dengan menawar pemain dari klub lain. Salah satu korbannya adalah klub Spanyol ini.

Adubola.com – Arsenal menemui jalan buntu saat menawar Shkodran Mustafi musim lalu. The Gunners segera pergi ke klub lain, menawar pemain berposisi sama.

Strategi itu berhasil. Kalau tak percaya tanya toko sebelah, eh tanya Valencia deh musim lalu.

The Gunners sudah menghabiskan beberapa minggu menjelajahi Eropa untuk mencari seorang bek tengah baru setelah Per Mertesacker absen selama lima bulan karena cedera lutut serius. Mereka pada akhirnya berhasil menandatangani Mustafi dari klub Spanyol, Valencia, setelah melakukan negosiasi yang berlarut-larut.

Namun, transfer Mustafi itu tidak mudah untuk dinegosiasikan setelah Los Che menetapkan harga raksasa sebesar 50 juta pound (Rp 809 Milyar) untuk bek berusia 23 tahun itu. Harga segitu termasuk mahal untuk ukuran seorang bek yang merumput di klub di luar tiga besar Liga Spanyol.

Sebagai akibatnya, juru runding Arsenal dipaksa untuk meladeni gertakan raksasa Spanyol itu dengan mencari seorang bek tengah yang sangat bernilai tinggi, pemain AS Roma Kostas Manolas.

Manolas yang berasal dari Yunani itu telah menjadi salah satu top performer Serie A sejak tiba di AS Roma dua musim lalu, menarik sejumlah minat dari raksasa Eropa termasuk Arsenal, Chelsea dan Manchester United.

Sementara negosiasi antara Valencia dan Arsenal berlangsung pada beberapa hari terakhir jelang jendela transfer musimpanas ditutup, juru runding utama Arsenal Dick Law kemudian terbang ke Italia di mana ia bertemu dengan para pejabat AS Roma dan mengajukan tawaran sebesar hampir 40 juta Euro (setara Rp 561 Milyar) untuk Manolas.

“Roma menolak tawaran hampir 40 juta Euro dari Arsenal untuk Kostas di musim panas. The Gunners benar-benar tertarik tapi tuntutan Roma melebihi batas kesediaan mereka untuk membayar,” kata agen Manolas Ioannis Evangelopoulos kepada Sport FM.

Nah, ketika Valencia tahu bahwa Arsenal mengalihkan perhatian mereka untuk seorang bek top Eropa lainnya, dengan segera klub itu menurunkan banderol harga Mustafi dan menempatkan The Gunners dalam posisi negosiasi yang lebih mudah. Transfer itu dengan cepat diselesaikan pada harga yang mengesankan sebesar 35 juta pound (Rp 566 Milyar).

Itu merupakan sebuah penurunan yang sangat jauh dari harga semula yang dimintakan Valencia CF sebesar Rp 809 Milyar. Klub Spanyol itu memang diketahui tengah panik butuh dana segar, dan mereka tidak mau kehilangan kesempatan untuk menguangkan satu aset mereka.

Shkodran Mustafi membuat lebih banyak intersepsi (226 kali) daripada bek La Liga lainnya selama dua musim terakhir, dan telah masuk radar Arsenal selama beberapa bulan, dan ia menyebabkan tim asuhan Arsene Wenger belum kalah sejauh ini.

 

LEAVE A REPLY