Baca Ini! Rahasia Jose Mourinho Selalu Juara di Musim Kedua

Pelatih Manchester United Jose Mourinho ungkapkan, mengapa dia percaya musim keduanya di sebuah klub selalu lebih mudah dibandingkan musim pertamanya.

Ahli taktik asal Portugal, Jose Mourinho, tak pernah gagal menangkan gelar juara liga pada musim keduanya di semua klub yang ditanganinya selama bertahun-tahun. Ia selalu berhasil mengklaim posisi teratas pada setiap kesempatan saat bertugas di FC Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid.

Tapi, kepada Sky Sports Soccer, manajer Manchester United itu tak setuju dengan pernyataan bahwa ia pasti raih kesuksesan di musim keduanya, Namun, Mou jelaskan alasan di baliknya.

“Saya tidak tahu mengapa orang bicara tentang musim kedua, karena saya sukses di musim pertama dan saya meraih gelar di musim ketiga. Saya tidak terlalu memahaminya,” ujar Mou.

“Saya hanya berpikir, musim kedua jadi musim yang baik untuk evolusi, dalam kaitannya dengan musim pertama. Karena di musim pertama Anda datang dan kadang-kadang, seperti dalam kasus saya, saya bahkan tidak mampu mengatur pramusim karena skuad sudah terbentuk sebelumnya. Saya bahkan tidak bisa masukkan sedikitpun pengaruh saya ke dalam tim pada musim pertama,” tambahnya.

“Ketika saya tiba di musim pertama, sudah ada investasi yang dilakukan untuk membeli pemain, mengubah skuad, menjual pemain, yang mungkin akan Anda lakukan dengan cara yang berbeda. Yang pasti saya akan menyimpan beberapa pemain yang telah terjual, karena tentu saya tidak akan membeli beberapa pemain yang telah dibeli,” ujar Mourinho.

“Di musim kedua, Anda memiliki pengaruh pada tingkat itu. Anda memiliki kondisi yang lebih baik untuk bekerja dan mendapatkan hasil tersebut. Tapi Anda bermain melawan tim lain yang manajernya berada di musim ketiga atau kedua atau keempat atau kelima. Jadi musim kedua mungkin bukanlah keuntungan besar,” tandasnya.