Bos Manchester City Pelatih Terbaik dalam 70 Tahun Terakhir

Mantan pelatih AC Milan dan Timnas Italia, Arrigo Sacchi, menilai Pep Guardiola berjasa membawa sepakbola ke tingkat yang lebih tinggi.

Pep Guardiola

Siapa yang tak kenal dengan sosok pelatih Manchester City saat ini, Pep Guardiola. Sejak kemunculan fenomenalnya bersama Barcelona, Pep sudah dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di era sepakbola modern saat ini.

Meski belum menyumbang satu gelarpun bagi City sejak ia datang di musim panas 2016 silam, namun gaya permainan yang ia bawa ke dalam tim membuat klub asal Manchester itu dianggap sebagai salah satu tim yang mainkan sepakbola terbaik.

Arrigo Sacchi sendiri mengapresiasi apa yang telah dilakukan Guardiola dalam karir kepelatihannya sejauh ini. Sacchi menilai, Guardiola jadi salah satu dari 10 pelatih terbaik dalam kurun waktu 70 tahun terakhir yang telah berjasa membawa evolusi dalam sepakbola.

“Dia bahkan membawa total football ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” ujar Sacchi kepada wartawan.

“Dia menambahkan bahkan membuatnya lebih baik lagi. Dia pelatih yang hebat dan Manchester City bermain dengan caranya dan dengan gaya permainan yang sebenarnya,” tambahnya.

“Kami berteman. Kami sudah saling mengenal sejak lama. Dia datang untuk meihat bagaimana saya bekerja saat saya masih berada di Real Madrid. Dia orang yang obsesif, perfeksionis, dia berpikir secara mendalam tentang sepakbola. Dia salah satu dari 10 pelatih sepakbola terbaik sejak tahun 1950, yang telah berkontribusi terhadap evolusi sepakbola,” tandas Sacchi.

“Dia menganut tradisi Ajax bersama Rinus Michels dan Cruyff. Sepakbola yang saya mainkan adalah kepercayaan pada total football, dan itu datang dari Ajax. Guardiola pernah katakan pada saya, ‘Saya berutang segalanya kepada anda dan Cruyff’. Tanpa Rinus Michels, maka tidak akan ada Cruyff dan tidak ada Guardiola saat ini,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here