Cech: Arsenal Perlu Belajar Dari Jose Mourinho

Petr Cech akui, Arsenal tak memiliki mentalitas yang sama seperti mantan manajernya, Jose Mourinho

Jose Mourinho - Petr Cech
Jose Mourinho - Petr Cech

Arsenal telah membuat awal yang buruk musim ini. Mereka hanya mampu mengambil tiga poin dan kalah dalam dua pertandingan sebelum awal September.

Arsene Wenger, yang didesak untuk meninggalkan The Gunners oleh sejumlah fans Arsenal sepanjang musim lalu, sudah menghadapi pertanyaan mengenai masa depannya meski telah menandatangani perpanjangan kontrak awal musim panas ini.

Kiper Cech yakin mentalitas di Emirates mulai berubah tapi mengakui bahwa mereka belum berbagi nilai-nilai yang sama seperti dengan yang dimiliki oleh Mourinho dalam beberapa tahun terakhir.

“Ketika dia [Mourinho] tiba di Chelsea dari Porto, dia membawa satu prinsip utama: dia berasal dari sebuah klub di mana dia tak dapat menerima jika menempati posisi kedua pada papan klasemen di akhir musim,” kata Cech.

“Dia membawa semangat yang sama di Chelsea. Dia hanya memikirkan kemenangan dengan segala cara.”

“Dia benci hasil imbang. Jika kita kembali ke ruang ganti dengan hasil imbang, maka ia tidak akan puas.”

“Di sisi lain, dia juga ingin bisa bertahan 1-0 atau mengalahkan tim 5-0 jika memungkinkan. Betapapun, Mourinho menginginkan hasilnya.”

“Filosofi di Arsenal benar-benar bertentangan dengan ini: tidak menang dengan segala cara tapi kami ingin menang dengan cara bermain yang bagus. Ini mulai berubah dalam pendekatan kami.”

“Ya, seperti kata Jurgen Klopp, kami mirip dengan musik klasik. Kami bermain dengan kecantikan, sinkronisasi antar instrumen – ini adalah filosofi yang berakar pada DNA Arsenal.”

“Kami menolak bermain tanpa permainan yang bagus, dan itu adalah sesuatu yang diwariskan dari generasi ke generasi.”

“Saya pikir kami menemukan keseimbangan yang baik selama minggu-minggu terakhir musim lalu. Tujuan utama hari ini adalah terus mengendalikan permainan termasuk mengamankan keunggulan kami.”