Chelsea Jadi Klub yang Paling Terpengaruh Brexit

602

Adubola.com – Chelsea akan jadi klub Liga Premier yang paling terkena pengaruh Brexit (Britain Exit), kebijakan pemerintah Inggris untuk keluar dari keanggotaan Uni-Eropa. Apa pasal?

Liga Inggris  - Chelsea Jadi Klub yang Paling Terpengaruh Brexit

Adubola.com – Chelsea akan jadi klub Liga Premier yang paling terkena pengaruh Brexit (Britain Exit), kebijakan pemerintah Inggris untuk keluar dari keanggotaan Uni-Eropa. Apa pasal?

Pasalnya, 76 persen gol yang dikantongi Chelsea di musim ini berasal dari para pemain dari luar Inggris, alias punya kewarganegaraan Uni-Eropa. Perdana Menteri Inggris, Theresa May, mulai jajaki proses pemberlakuan Artikel 50 pada Kamis (29/3) ini, di mana Inggris akan secara resmi tinggalkan Uni-Eropa, setelah bergabung selama 44 tahun.

Saat ini, skuad Antonio Conte itu duduk manis di puncak klasemen Liga Premier. Namun, statistik menunjukkan, the Blues terlalu bergantung pada para pemain Eropa yang sudah bukukan 76 persen dari gol-gol mereka di musim ini.

Selain itu, 74 persen dari para pemain yang kerap diterjunkan klub London Barat itu, adalah para pemain yang memiliki kewarganegaraan di Uni Eropa atau menjadikan Uni Eropa sebagai kewarganegaraan kedua mereka. Catatan yang dibukukan Chelsea ini, 15 persen lebih banyak dari Manchester City yang skuadnya juga dipenuhi pemain asing.

Di antara para pemain Chelsea yang punya dua kewarganegaraan, adalah David Luiz. Walau tercatat sebagai pemain Timnas Brasil, namun David Luiz juga punya menjadi warga negara Portugal.

Totalnya, pemain berkebangsaan Uni Eropa telah bermain apik dalam 222 pertandingan yang dimainkan Chelsea di ajang Liga Premier pada musim 2014/15. Tetapi, pemain seperti David Luiz yang datang dari luar Eropa tapi punya kewarganegaraan ganda, kemudian memberi tambahan 73 pertandingan dari total tersebut.

Tak heran jika Chelsea membanggakan persentase gol tertinggi yang dicetak para pemain Uni Eropa. Pasalnya, 45 gol dari 58 gol yang dikantongi Chelsea dicetak para pemain berkewarganegaraan Uni Eropa yang mereka miliki.

Setelah Chelsea, Middlesbrough akan jadi tim ke dua yang bakal kena imbas besar atas diberilakukannya Brexit ini. Pasalnya, 74 persen gol yang mereka bukukan di ajang liga juga tercipta dari kaki para pemain Uni-Eropa yang mereka miliki. Berikutnya, ada Manchester United dengan jumlah persentase gol pemain Uni-Eropa sebanyak 71 persen, Manchester City dengan 62 persen dan Swansea City 61 persen.

Penerapan Brexit menyusul Referendum pada 2016 lalu, rencananya akan dimulai pada Kamis (29/3), hingga Inggris benar-benar akan tinggalkan Uni-Eropa pada April 2019 mendatang.

LEAVE A REPLY