Eks Newcastle United Meninggal Dunia Saat Latihan

Mantan gelandang Newcastle United, Cheick Tiote, meninggal dunia di usia 30 tahun tak lama setelah ia pingsan dalam latihan di China.

Liga Inggris  - Eks Newcastle United Meninggal Dunia Saat Latihan

Berita Internasional – Cheick Tiote yang pernah membela Newcastle United selama tujuh tahun itu, dinyatakan meninggal dunia tak lama setelah kolaps di lapangan latihan klubnya, Beijing Enterprises.

Pemain asal Pantai Gading itu, bermain dalam 150 pertandingan selama tujuh tahun di Newcastle, termasuk di tiga musim terakhirnya. Dia gabung ke klub tier dua China, Beijing Enterprises, selepasnya dari Newcastle pada Fabruari lalu.

“Sebuah kehilangan mendalam atas meninggalnya Cheichk Tiote, apalagi saat itu ia tengah berlatih, lalu pingsan begitu saja dan meninggal dunia,” ujar jurubicara Beijing Enterprises, Emanuele Palladino.

“Kami bisa bicara banyak saat ini, dan kami meminta privacy keluarganya agar dihormati semua orang di saat yang sulit seperti ini. Kami minta doanya saja,” tambahnya.

Lahir di Pantai Gading, Tiote jadi bagian dari Timnas Pantai Gading yang menangkan trofi Piala Negara-negara Afrika di tahun 2015 lalu.

Dia memulai karir profesionalnya di Belgia bersama Anderlecht di tahun 2005, sebelum akhirnya pindah ke klub Belanda, FC Twente. Di Belanda, dia tampil dalam 86 pertandingan dan menangkan gelar juara Eredivisie di musim 2009/10 di  bawah asuhan pelatih Steve McClaren.

Di lapangan, Tiote bertugas sebagai gelandang bertahan, yang kemudian gabung Newcastle di tahun 2010 dengan transfer sebesar 3,5 Juta Poundsterling. Pada Februari 2011, dia berhasil membawa Newcastle akhirnya merebut satu poin dari tangan Arsenal dalam laga di ajang Liga Premier, setelah sebelumnya Newcastle tertinggal 0-4. Lewat gol Tiote, Newcastle akhirnya menutup laga tersebut dengan skor imbang 4-4.

Tiote kemudian gabung ke Beijing Enterprises Group FC untuk bayaran transfer yang tak diungkapkan, pada Februari 2017.

LEAVE A REPLY