Eks Penyerang Barcelona Ini Latih Klub Championship

Mantan penyerang Barcelona, Thomas Christiansen, ditunjuk jadi manajer klub divisi Championship, Leeds United.

Berita Liga Inggris – Leeds United kabarnya akan segera menyelesaikan deal mereka dan umumkan kedatangan mantan pemain Barcelona berusia 44 tahun itu, Thomas Christiansen, dalam waktu 24 jam ke depan.

Klub Championship itu memang telah mencari manajer baru, sejak Garry Monk tinggalkan klub itu tiga pekan lalu dan gabung tim yang baru terdegradasi, Middlesbrough.

Mereka yakin, mantan pemain Timnas Spanyol itu merupakan sosok ideal pengganti Monk. Demikian diberitakan the Yorkshire Evening Post.

Christiansen didekati pemilik Leeds, Andrea Radrizzani, setelah ia berhasil membawa klubnya terdahulu, APOEL, melaju ke babak 16 besar Liga Europa musim lalu.

Saat itu, APOEL berada di puncak klasemen grup di atas raksasa Yunani, Olympiakos, dan kemudian berhasil kalahkan Athletic Bilbao sebelum APOEL akhirnya dikandaskan Anderlecht.

Christiansen juga berhasil membawa APOEL amankan gelar juara divisi utama Siprus di musim perdananya bersama APOEL, walaupun klub itu secara mengejutkan menolak untuk perbarui kontraknya yang hanya 12 bulan.

Sebelum melatih APOEL, Christiansen pernah dua tahun di klub Siprus lainnya, AEK Larnaca. Dan sebelumnya jadi asisten manajer di AL Jazira.

Adalah legenda Barcelona, Johan Cruyff, yang promosikan Christiansen ke skuad senior, hingga akhirnya dia lakukan sebagai pemain pengganti di final Piala Super UEFA melawan Werder Bremen.

Christiansen pernah bermain penuh selama 90 menit melawan Atletico Madrid dalam bentrokan Copa del Rey. Namun, dia tinggalkan Camp Nou tanpa pernah mainkan pertandingan LaLiga untuk tim Catalan itu.

Setelah tanda tangani kontrak untuk Barca pada 1991, dia setujui sebuah klausul dalam kontraknya yang menyatakan bahwa dia akan menjadi warga negara Spanyol (Christiansen sebenarnya asli Denmark). Dengan demikian, Barca tak akan terganjal kuota orang asing di liga.

Christiansen juga sempat mewakili La Furia Roja di tingkat U-21 sebelum menangkan dua caps di timnas senior, dan mencetak satu gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here