Everton Bikin Jordan Pickford Jadi Kiper Termahal Inggris

168

Everton resmi jadikan kiper Sunderland, Jordan Pickford, sebagai kiper termahal dalam sejarah sepakbola Inggris.

Liga Inggris  - Everton Bikin Jordan Pickford Jadi Kiper Termahal Inggris

Berita Transfer – Everton membayar ongkos transfer kiper Sunderland, Jordan Pickford, sebesar 25 juta Poundsterling atau sekitar Rp424 Miliar – yang nantinya bisa naik menjadi 30 Juta Pounds tergantung penampilannya di Goodison Park.

Nilai transfer inipun membuat Pickford jadi penjaga gawang termahal ke tiga di dunia, atau kiper termahal dalam sejarah sepakbola Inggris.

Jelang akhir pekan ini, kiper berusia 23 tahun yang juga kiper andalan Timnas U-21 Inggris itu resmi teken kontrak lima tahun bersama Everton. “Ini klub hebat, klub besar dan ini jadi peluang bagus bagi saya,” ujar Jordan Pickford usai penandatanganan kontrak, seperti dilansir BBC.

Pada musim lalu, Pickford tampil dalam 29 pertandingan Liga Premier. Sayangnya, permainan apiknya tak mampu menahan Sunderland agar tetap bermain di kompetisi teratas Inggris. Musim depan, Sunderland akan merumput di divisi Championship.

Jordan Pickford merupakan jebolan akademi sepakbola the Black Cats pada tahun 2010 lalu, dan sempat malang-melintang sebagai pemain pinjaman di klub Darlington, Alfreton Town, Burton Albion, Carlisle United, Bradford City dan Preston.

Pickford sendiri baru memulai debutnya di tim inti Sunderland saat tim itu kalah 1-3 dari Arsenal di sebuah pertandingan Piala FA, Januari 2016 silam. “Musim lalu jadi musim perdana saya di Liga Premier. Makanya, mendapat kesempatan bermain di Everton sekarang, akan menjadi langkah maju dalam karir saya dan saya akan tunjukkan pada semua orang saya bisa diandalkan,” tambah Pickford.

“Ini jadi momen yang menyenangkan bagi klub dan juga saya, di mana kami sama-sama perlihatkan ambisi kami. Saya hanya ingin lakukan yang terbaik untuk menolong klub,” tandasnya.

“Jordan pemain muda profesional yang sangat berbakat, yang juga haus kesuksesan. itu penting bagi kami, karena kami bertekad untuk mengukir prestasi lebih baik di musim depan,” tambah pelatih Everton, Ronald Koeman.

Deal resmi antara Pickford dan Everton adalah sebesar 25 Juta Pounds, nilai ini akan bertambah lima Juta Pounds menjadi total 30 Juta Pounds atau sekitar Rp509 Miliar, jika Pickford benar-benar tampil memuaskan bagi klub barunya itu. Besarnya nilai transfer itu membuat Pickford jadi kiper termahal ke tiga di dunia, atau kiper termahal dalam sejarah sepakbola Inggris.

Selain Pickford, ada Gianluigi Buffon yang masih menempati posisi teratas sebagai kiper termahal di dunia. Saat pindah dari Parma ke Juventus pada tahun 2001, nilai transfer Buffon dilaporkan mencapai 32,6 Juta Pounds atau sekitar Rp553,2 Miliar -dengan besaran kurs yang berlaku saat itu.

Lalu, posisi ke dua ditempati kiper 23 tahun, Ederson, yang baru saja pindah dari Benfica  ke Manchester City dan menelan biaya transfer sebesar 35 Juta Pounds, dengan perhitungan kurs yang berlaku saat ini.

 

LEAVE A REPLY