Ini Dia Pelatih Paling Boros di Liga Premier

403

Adubola.com – Pelatih ini dinyatakan sebagai manajer Liga Premier yang paling boros selama 10 tahun terakhir ini, bahkan melebihi Arsene Wenger.

Liga Inggris  - Ini Dia Pelatih Paling Boros di Liga Premier

Adubola.com – Pelatih ini dinyatakan sebagai manajer Liga Premier yang paling boros selama 10 tahun terakhir ini, bahkan melebihi Arsene Wenger.

Saat ini, bos Manchester United dan Arsenal menempati posisi teratas daftar pelatih terboros di Liga Premier dalam 10 tahun terakhir. Namun dalam daftar itu, termasuk juga di dalamnya mantan pelatih MU, Sir Alex Ferguson, eks-manajer Manchester City Roberto Mancini dan mantan pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas.

Satu yang mengejutkan, adalah munculnya nama Tony Pulis, yang ternyata lebih boros dibandingkan David Moyes dan Mauricio Pochettino – di mana kedua pelatih terakhir ini tidak ada dalam daftar 10 besar tersebut.

Sementara itu, tiga mantan pelatih Manchester City, yakni Roberto Mancini, Mark Hughes dan Manuel Pellegrini, sama-sama masuk dalam daftar 10 besar yang dikeluarkan ‘View From The Dugout’ ini.

Berikut ini daftar 10 besar pelatih Liga Premier terboros dalam 10 tahun terakhir ini:

10. Tony Pulis (Rp3,5 Triliun)

Bos West Bromwich Albion ini secara mengejutkan masuk daftar 10 besar pelatih Liga Premier terboros. Namun pada kenyataannya, selama beberapa musim terakhir di Hawthorns, Pulis memang telah membawa sejumlah pemain, seperti Nacer Chadli, Salomon Rondon dan Jack Livermore untuk bergabung. Pulis sendiri sebelumnya pernah mengasuh Stoke City dan Crystal Palace, baru kemudian gabung West Bromwich Albion.

9. Andre Villas-Boas (Rp4,2 Triliun)

Walau harus bekerja ekstrakeras untuk diakui di Liga Premier, AVB sempat punya pengaruh besar di dua tim papan atas Inggris; Tottenham Hotspur dan Chelsea, menyusul kesuksannya bersama FC Porto.

Saat melatih di White Hart Lane, pelatih asal Portugal ini punya kesempatan untuk menghabiskan seluruh pendapatan Spurs, setelah mereka menjual Gareth Bale sebesar 86 juta Poundsterling. Villas-Boas pun kemudian datangkan Roberto Soldado, Paulinho dan Erik Lamela dengan sebagian hasil penjualan tersebut.

Sementara, ia juga sempat membeli sejumlah pemain bintang ketika bersama Chelsea, yakni Juan Mata dan Romelu Lukaku. Andre Villas-Boas kini jadi manajer di salah satu klub kaya-raya di Liga Super China.

8. Roberto Mancini (Rp4,4 Triliun)

Manajer asal Italia habiskan masa empat tahun di Manchester City, di mana ini berarti ia punya waktu untuk ‘habiskan’ dana yang dimiliki Etihad. Hasil belanja Mancini di antaranya pernah persembahkan gelar Liga Premier.

Mancini juga berhasil membawa City lolos ke ajang Liga Champions untuk pertama kalinya pada tahun 2011 lalu, setelah ia membawa the Citizens menutup musim di posisi tiga besar. Adapun rekrutan besar Mancini adalah Sergio Aguero, Yaya Toure dan Samir Nasri.

7. Louis van Gaal (Rp4,8 Triliun)

Mantan pelatih Manchester United ini sempat dikritik setelah ia habiskan banyak uang selama dua tahun masa kepelatihannya di Old Trafford. Pasalnya, walau telah habiskan dana besar untuk membeli pemain, pelatih asal Belanda ini tetap saja harus berjuang ekstrakeras untuk bisa memenangkan banyak pertandingan dan menarik hati fans Setan Merah.

Van Gaal didepak setelah ia persembahkan trofi Piala FA di tahun 2016 lalu. Sebelumnya ia sempat datangkan Angel Di Maria dari Real Madrid, namun akhirnya didepak MU ke PSG dengan harga lebih murah, hanya satu tahun setelah ia jadi pemain MU.

Liga Inggris  - Ini Dia Pelatih Paling Boros di Liga Premier

6. Sir Alex Ferguson (Rp4,84 Triliun)

Pelatih legendaris ini ternyata hanya ada di urutan ke enam pelatih terboros di Liga Premier. Ferguson bahkan hanya habiskan 2,5 juta Poundsterling lebih banyak dari LVG yang hanya dua tahun di MU.

Pelatih asal Skotlandia ini tak pernah habiskan banyak uang untuk tetap menjaga timnya berada di posisi teratas Liga Premier. Salah satu rekrutan terbesarnya adalan Anderson -yang kemudian jadi salah satu pemain termahal yang pernah dibeli Ferguson. Dengan pemain yang terkesan ‘itu-itu saja’, Ferguson bisa persembahkan 13 gelar juara Liga Premier kepada Manchester United.

5. Mark Hughes (Rp5,6 Triliun)

Mark Hughes yang kini melatih Stoke City itu, jadi salah satu dari beberapa manajer Liga Premier yang habiskan banyak uang di klubnya terdahulu, Manchester City. Dia secara dramatis pernah merekrut Robinho di menit-menit terakhir bursa transfer, dan juga Carlos Tevez.

Tetapi, walau telah habiskan dana besar dan datangkan pemain dunia, Hughes dipecat dari the Citizens pada tahun 2009, hanya 18 bulan setelah ia bergabung dengan klub tersebut.

4. Brendan Rodgers (Rp5,8 Triliun)

Pelatih asal Wales ini pernah melatih di Swansea City dan Liverpool. Tetapi, ia lebih banyak habiskan karirnya di Anfield.

Rodgers dinilai telah bersikap konyol dalam hal rekrutmen pemain, khususnya dalam hal transfer Lazar Markovic, yang habiskan dana 20 juta Pounds. Ia juga pernah datangkan Christian Benteke, Nathaniel Clyne, Roberto Firmino, Dejan Lovren dan Adam Lallana – yang saat ini masih jadi pemain inti The Reds.

3. Manuel Pellegrini (Rp5,9 Triliun)

Pelatih asal Chile ini belakangan digantikan Pep Guardiola, tepatnya pada musim panas lalu, walaupun ia cukup sukses di Etihad. Pellegrini pernah persembahkan satu gelar juara liga, meskipun ia juga habiskan dana banyak untuk transfer pemain.

Pellegrini pernah datangkan Kevin De Bruyne dan Fernandinho, yang harganya memang sesuai dengan kualitas permainannya. Namun, di saat yang bersamaan, sejumlah rekrutan Pellegrini juga harus dibuang. Mereka di antaranya Eliaquim Mangala dan Wilfried Bony.

Namun, Manuel Pellegrini yang kini melatih klub China ini, terbukti telah mendatangkan pemain berkualitas yang tetap terpakai di tim inti City hingga saat ini.

Liga Inggris  - Ini Dia Pelatih Paling Boros di Liga Premier

2. Arsene Wenger (Rp7,6 Triliun)

Arsene Wenger sempat dicemooh sebagai pelatih yang takut merekrut banyak pemain bagus selama kepemimpinannya di Arsenal. Namun, ternyata, ia jadi pemain ke dua terboros yang telah habiskan banyak uang untuk membeli pemain.

Pelatih asal Prancis itu pernah datangkan Alexis Sanchez dan Mesut Ozil, dengan harga yang tidak murah. Sebelumnya, ia juga pernah merekrut Andrey Arsharvin dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Dan, gelar pelatih terboros di Liga Premier selama 10 tahun terakhir ini, jatuh ke tangan:

1. Jose Mourinho, dengan nilai transfer Rp7,8 Triliun

Tak mengejutkan bila pelatih yang dijuluki the Special One ini jadi pelatih paling boros di Liga Premier, selama 10 tahun terakhir ini. Tetapi, ini semata karena rekrutannya di musim panas lalu, jadi pemain dengan transfer tertinggi di dunia.

Mourinho datangkan Paul Pogba dengan nilai transfer 89 juta Pounds atau sekitar Rp1,5 Triliun, plus Eric Bailly dan Henrikh Mkhitaryan, yang akhirnya membuat Mourinho melampaui rekor Arsene Wenger.

Selain itu, ketiga bersama Chelsea, Mourinho juga habiskan dana besar untuk datangkan Diego Costa, Willian dan Cesc Fabregas.

 

LEAVE A REPLY