Ini Jatah Chelsea dari Liga Premier Setelah Jadi Juara

152

Chelsea mendapat bayaran sebesar 150,8 Juta Poundsterling atau sekitar Rp2,6 Triliun dari Liga Premier, setelah the Blues jadi juara di musim 2016/17 ini.

Liga Inggris  - Ini Jatah Chelsea dari Liga Premier Setelah Jadi Juara

Berita Liga Inggris –¬†Besaran uang yang diterima Chelsea dari Liga Premier itu, 50 persen lebih banyak dari jumlah yang didapatkan klub-klub papan atas di musim 2015/16 lalu.

Adapun musim 2016/17 jadi yang pertama dari kesepakatan terakhir dengan pihak televisi, dan perlihatkan ada total 2,4 Miliar Pounds atau sekitar Rp41 Triliun dana yang dibayarkan kepada 20 klub Liga Premier – atau naik dari 1,6 Miliar Pounds di musim lalu.

Tim juru kunci yang kini degradasi ke Championship, Sunderland, menerima 93,471 Juta Pounds atau sekitar Rp1,6 Triliun, atau lebih besar dari yang diperoleh Leicester City saat mereka jadi juara Liga Premier di musim lalu, yang sebanyak 93,219 Juta Pounds.

Besaran angka tersebut didasarkan pada penawaran hak siar dan komersial, plus hadiah uang. Adapun dana dari transaksi komersial sentral Liga Premier dan hak siaran luar negeri dibagi sama rata – seperti setengah dari pendapatan siaran domestik.

Seperempatnya dibayarkan dengan uang hadiah berdasarkan posisi masing-masing klub di akhir liga, dan seperempat lainnya dalam bentuk ‘biaya fasilitas’ untuk setiap pertandingan yang disiarkan di televisi Inggris.

Arsenal jadi penerima tertinggi di musim 2015/16 lalu, dengan besaran dana 100,9 juta Pounds Рtapi hanya tiga tim yang terdegradasi di musim ini saja yang mendapat bayaran lebih sedikit dari angka tersebut. Mereka adalah Hull City, Middlesbrough dan Sunderland.

Sementara rasio antara jumlah tertinggi dan terendah yang dibayarkan Liga Premier ke klub-klubnya pada musim 2016/17 adalah 1,61 hingga 1. Rasio ini jadi yang terendah di antara liga-liga papan atas Eropa, di mana hal ini berarti Liga Premier jadi liga yang lebih seimbang dalam hal pembagian pendapatan, dibandingkan liga-liga lainnya.

Liga Premier juga membayar hampir 220 Juta Pounds ke Aston Villa, Cardiff, Fulham, Newcastle United, Norwich City, QPR, Reading dan Wigan Athletic dalam pembayaran dana tak terduga.

LEAVE A REPLY