Jose Mourinho Catatkan Persentase Kemenangan Terendah

Keputusan Jose Mourinho untuk fokus pada Liga Europa bikin manajer Manchester United ini tertinggal di Liga Premier dari dua pendahulunya, Louis van Gaal dan David Moyes.

Berita Liga Inggris – Keputusan Jose Mourinho untuk lebih fokus pada Liga Europa demi membawa MU kembali ke Liga Champions musim depan, membuat pelatih asal Portugal itu jauh tertinggal.

Dibandingkan Moyes dan Van Gaal, statistik yang dicatatkan Mourinho bahkan tunjukkan, The Special One kini punya persentase kemenangan lebih rendah dibandingkan dua pelatih sebelumnya yang dipecat MU karena dinilai kurang berhasil.

Hal ini tentu saja jadi musim yang mengecewakan bagi Setan Merah, usai kegembiraan mereka berhasil datangkan Mourinho di musim panas tahun lalu. Pelatih asal Portugal itu sebelumnya nikmati karir luar biasa yang telah membuatnya menangkan gelar bersama banyak klub, seperti FC Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid. Sebelumnya diperkirakan, Mourinho akan mengulang sukses yang sama setelah klub itu keluarkan dana besar di bursa transfer.

Di musim ini, MU telah menangkan Piala EFL dan kemungkinan bisa menambah koleksi trofinya, jika keluar menjadi juara Liga Europa dengan kalahkan Ajax di final pekan depan. Namun, MU hadapi bencana di liga reguler, dan hanya mampu bertengger di peringkat enam.

Dalam beberapa pekan terakhir, Mourinho akui ia lebih fokus untuk menangkan Liga Europa. Apalagi setelah rekor tak terkalahkan MU dalam 25 pertandingan Liga Premier dibuyarkan dengan kekalahan melawan Arsenal dan Tottenham Hotspur. Dua kekalahan inipun membuat persentase kemenangan Mourinho turun menjadi 47,2 persen – di mana angka tersebut berada di bawah persentasi Van Gaal dan Moyes.

Persentase kemenangan Van Gaal di musim pertamanya di Old Trafford sebesar 52,6 persen, yang kemudian menjadi 50 persen di musim keduanya. Pelatih asal Belanda itu kemudian dipecat setelah musim kedua itu, hanya beberapa saat setelah Van Gaal persembahkan Piala FA.

Liga Inggris  - Jose Mourinho Catatkan Persentase Kemenangan Terendah

Lalu Moyes, punya persentase kemenangan 50 persen sebelum dipecat, setelah ia bertugas dalam 34 pertandingan Liga Premier. Angka tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan bagi Mourinho, yang telah bicara banyak keberhasilan MU di musim ini, sementara di saat bersamaan ia juga tunjukkan daftar panjang cedera yang dialami pemainnya dan padatnya jadwal yang harus dilalui MU.

Meski persentasenya buruk, sejauh ini tak ada indikasi MU akan memecat Mourinho. Bahkan pelatih asal Portugal itu akan mendapat bingkisan besar di musim panas nanti ini, dengan harapan ia bakal perbaiki persentasenya tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here