Jose Mourinho Ukir Catatan Evolusi di Manchester United

1249

Jose Mourinho telah lakukan mengambil langkah besar dalam proses evolusi di Manchester United. Ini dia catatannya!

Liga Inggris  - Jose Mourinho Ukir Catatan Evolusi di Manchester United

Baru satu musim berada di Old Trafford, Jose Mourinho sudah berhasil lakukan langkah besar dalam membenahi skuad Manchester United. Di antaranya, jadikan Setan Merah sebagai tim yang memiliki para pemain dengan tubuh paling tinggi di antara enam tim papan atas Liga Premier.

Manajer asal Portugal itu selalu datangkan pemain yang memiliki tinggi badan di atas 1,9 meter dalam beberapa kali transfer terakhir di MU. Belakangan, Mou baru saja merekrut Nemanja Matic yang punya postur 1,94 meter dari Chelsea.

Dengan postur setinggi itu, Nemanja Matic sangat cocok bermain bersama sebagian besar para pemain MU lainnya, di antaranya Paul Pogba, Marcus Rashford dan pemain yang kabarnya akan kembali ke MU, Zlatan Ibrahimovic.Manchester United.

Kedatangan Matic kukuhkan MU sebagai tim yang memiliki para pemain ‘giant‘ di antara enam tim papan atas Liga Premier lainnya. Sejauh ini, hanya Henrikh Mkhitaryan pemain yang bertubuh sedang-sedang saja (1,78 meter) yang didatangkan Mou ke Old Trafford musim lalu. Sejauh ini, pemain asal Armenia itupun belum terlalu diandalkan Mourinho dalam banyak pertandingan.

Mou kabarnya ingin memiliki skuad yang tampilnya bisa mengintimidasi lawan-lawan mereka di musim depan. Jadi, bukan secara kebetulan pelatih itu datangkan sejumlah pemain berpostur tinggi.

Kurangnya pemain berpostur tinggi, kabarnya jadi salah satu kelemahan MU selama mereka diasuh Louis van Gaal. Hal itu bahkan konon pernah diakui pelatih asal Belanda tersebut pada April 2015 lalu, ketika lini belakang MU tampil mengecewakan.

Saat itu, Van Gaal hanya punya empat pemain jangkung, dan hanya dua yang bermain di lini belakang, yakni Chris Smalling dan Jonny Evans. “Kami punya defisit yang tinggi. Bila Anda berbicara dengan pelatih bola basket, satu atau dua sentimeter tinggi pemain itu sangat penting dan, dalam sepakbola, itu sama,” tegas Van Gaal ketika itu.

Kini, Mou tengah berusaha memperbaikinya, sekaligus demi merebut gelar juara Liga Premier di musim keduanya di Old Trafford. Datang di awal musim lalu, Mou telah datangkan Paul Pogba (1,91 meter), Eric Bailly (1,87 meter) dan Zlatan Ibrahimovic (1,95 meter). Kini, Mou tambahkan Matic dalam skuad jangkungnya, plus Romelu Lukaku (1,91 meter) dan Victor Lindelof (1,87 meter) untuk lanjutkan terus tren tersebut.

Liga Inggris  - Jose Mourinho Ukir Catatan Evolusi di Manchester United

Tapi, apakah itu akan berguna? Yang jelas, Mou tetap punya Juan Mata, Daley Blind, Matteo Darmian, Ander Herrera maupun Jesse Lingard, yang posturnya tak terlalu menjulang dan tetap bisa bermain lincah serta jadi andalan di lapangan.

Pelatih Antonio Conte membawa Chelsea juara dengan skuad yang punya tinggi badan rata-rata 1,90 meter. Dan Leicester City yang menang di musim sebelumnya, punya tim dengan rata-rata tinggi badan pemainnya yang sekitar 1,80 meter.

Tapi, selama masa jabatan keduanya di Chelsea, Mourinho juga punya skuad tertinggi di Liga Premier, dan ia sukses menangkan gelar juara di musim 2014/15. Mou memang jadi pelatih yang selalu menyukai gelandang menjulang, seperti Michael Ballack, Sami Khedira dan sekarang Matic.

 

LEAVE A REPLY