Jurgen Klopp Utamakan Hal Ini di Liverpool

Liverpool tampak berikan lebih dari sekadar permainan yang menghibur musim ini. Namun pelatih Jurgen Klopp mengaku lebih utamakan hasil sebagai fokus timnya.

Jurgen Klopp menekankan perlunya Liverpool untuk fokus pada hasil, dan abaikan tekanan apapun untuk berikan tontonan yang menarik dalam sepakbola mereka. Klopp bersikeras bahwa timnya ‘bukan Harlem Globetrotters’.

The Reds terlibat dalam pertemuan menghibur lainnya pada Sabtu (23/9) lalu, saat mereka berhasil menang 3-2 di kandang Leicester City.

Dalam laga tersebut, Philippe Coutinho catatkan assist untuk gol Mohamed Salah yang membuka kemenangan Liverpool. Coutinho juga mencetak satu gol lewat aksi tendangan bebasnya yang spektakuler, plus gol Jordan Henderson.

Namun, tim tuan rumah bisa saja merebut satu poin jika Jamie Vardy tak gagal memaksimalkan peluang penalti yang berhasil diselamatkan kiper Simon Mignolet.

Hasil ini mengakhiri rekor tanpa kemenangan yang dibukukan Liverpool dalam empat pertandingan beruntun sebelumnya. Klopp pun kemudian berbicara tentang tekanan setelah timnya bangkit dari ketertinggalan.

“Saya tahu banyak tekanan – saya benar-benar menjalani hidup saya karena berbagai alasan,” ujar pelatih asal Jerman itu.

“Tekanan saat itu adalah tekanan yang tepat, selalu membantu. Bila tidak masuk akal, maka itu tidak membantu – dan saya sangat baik dalam mengabaikannya,” tambahnya.

“Tapi, bisa dibayangkan, kami ingin sukses. Kami tahu kualitas yang kami buat membuat kami bertanggung jawab untuk menjadi sukses. Saya tahu itu,” ujar Klopp.

“Tapi saya mengatakan kepada para pemain sebelum pertandingan bahwa kami bukan Harlem Globetrotters. Kami tidak pergi keluar dan mencoba bermain sepakbola yang benar-benar bagus, kami berada di sini untuk mendapatkan hasil dan kami bermain untuk hasilnya,” tandas mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

“Saya menyukai bagaimana kami berjuang untuk itu. Itu bisa saja lebih jelas, tapi setelah beberapa pertandingan tanpa hasil, atau hasil yang tidak tepat, Anda harus melawan. Itu yang kami lakukan dan sekarang kami bisa membangun ini,” tandasnya.