Kalah dari Arsenal, Kejayaan Antonio Conte Segera Berakhir

266

Kekalahan Chelsea dari Arsenal di Community Shield, Minggu (6/8) malam, disebut-sebut jadi pertanda berakhirnya era kejayaan pelatih Antonio Conte.

Liga Inggris  - Kalah dari Arsenal, Kejayaan Antonio Conte Segera Berakhir

Untuk banyak orang, Community Shield kerap dinilai bukan penghargaan besar. Sejauh ini bahkan hanya Jose Mourinho, yang konon cenderung mencantumkannya sebagai salah satu penghormatan pribadi untuknya.

Hanya saja, setidaknya untuk Minggu (6/8) malam tadi, kita semua harus melihatnya sebagai sebuah penghargaan penting sampai batas tertentu. Ini terkait dengan keputusan Antonio Conte yang putuskan sang kiper, Thibaut Courtois, untuk tampil sebagai salah satu eksekutor dalam drama adu penalti yang akhirnya membuat the Blues kalah 1-4.

Courtois tampil sebagai eksekutor ke dua, dan bola malah melambung ke kursi penonton di belakang gawang, yang diduduki para pendukung the Gunners.

Tentu saja, fakta bahwa Chelsea kalah dalam adu penalti malam tadi, tidak akan terlalu penting bagi juara bertahan tadi malam. Hanya saja, cara yang diambil Conte hingga timnya akhirnya kalah, tampak sedikit mengganggu.

Media Inggris mulai memberitakan: ada yang tidak beres di Stamford Bridge, terutama soal transfer pemain. Diperkirakan, hasil negatif yang diraih tim juara bertahan Liga Premier itu kemungkinan akan terus berlanjut di musim kompetisi 2017/18. Ketika ditanya soal ini, Conte menolak menjawabnya. Sikapnya bahkan dinilai media setempat telah berubah sejak musim lalu.

Sejauh ini, memang tidak ada klub yang berhasil menangkan trofi Liga Premier dua kali berturut-turut, sejak Manchester United tak lagi diasuh Sir Alex Ferguson sembilan musim lalu.

Tapi situasi yang gawat diperkirakan tengah terjadi di Chelsea saat ini. Suporter dikhawatirkan dengan kemungkinan berakhirnya masa kejayaan Conte, dan itu semua dimulai dengan kekalahan dari Arsenal di Community Shield.

Apalagi sebelum akhir September, Chelsea akan hadapi tim-tim kuat seperti Tottenham Hotspur, Everton, Arsenal dan Manchester City, serta tandang ke Leicester dan Stoke City, yang juga bukan pertandingan mudah.

Liga Inggris  - Kalah dari Arsenal, Kejayaan Antonio Conte Segera Berakhir

Saat ini, Chelsea tak diperkuat Eden Hazard dan pemain baru, Tiemoue Bakayoko, yang sama-sama baru naik meja operasi dan tengah jalani pemulihan. Sementara striker andalan baru, Alvaro Morata, belum setajam penampilannya ketika di Real Madrid.

Dalam laga Community Shield malam tadi, Chelsea akhirnya kandas 1-4 lewat drama adu penalti. The Blues hanya berhasil mendapat poin dari tembakan Gary Cahill, sementara Courtois dan Morata gagal. Sedangkan Arsenal kumpulkan empat gol lewat eksekusi Theo Walcott, Nacho Monreal, Alex Oxlade-Chamberlain dan Olivier Giroud.

Di waktu normal, pertandingan berakhir imbang 1-1. Chelsea unggul lebih dulu lewat gol Victor Moses, yang kemudian disamakan Sead Kolasinac. Dalam laga ini, Chelsea juga harus kehilangan Pedro yang dikartu merah, 10 menit sebelum waktu normal berakhir.

LEAVE A REPLY