Klub Liga Inggris Ini Diambil Alih Investor China

Adubola.com – Liga Inggris perlahan diambil alih investor-investor China. Sesudah beberapa tim lain, mereka kini mencengkeram Premier League dengan membeli tim selatan ini.

Southampton

Adubola.com – Liga Inggris perlahan diambil alih investor-investor China. Sesudah beberapa tim lain, mereka kini mencengkeram Premier League dengan membeli tim selatan ini.

Southampton akan menjadi klub terbaru Premier League yang membuat kesepakatan dengan investor China dengan Lander Sports Development setuju untuk membeli saham mayoritas.

Perusahaan Lander yang dikenal karena membangun stadion-stadion bola di seluruh China mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Bursa Efek Shenzhen pada hari Kamis bahwa mereka telah menandatangani perjanjian dengan pemilik The Saints, Katharina Liebherr.

Rincian keuangan tidak diungkapkan dalam waktu sehari setelah Southampton menyelesaikan kemenangan semifinal Piala Liga mereka atas Liverpool dengan hasil 1-0 di leg kedua. Agregat mereka menang 2-0 atas The Reds.

Entitas bisnis dan individu China telah mengguyur uang lebih dari tiga milyar dolar Amerika ke dalam investasi sepakbola di luar negeri selama setahun atau lebih, didorong oleh antusiasme Presiden Xi Jinping yang ingin negara tirai bambu itu segera menjadi negara adidaya di dunia sepak bola.

Southampton, saat ini duduki di posisi ke-11 di divisi teratas Liga Inggris, akan bergabung dengan Aston Villa, West Bromwich Albion, Birmingham City dan Wolves sebagai klub Inggris yang sekarang memiliki dukungan investor China di belakang mereka.

Saham di Lander, sebuah perusahaan yang dikenal membangun stadion dan menyelenggarakan kompetisi olahraga, telah ditangguhkan sejak 14 Oktober.

Laporan soal kepemilikan saham di Southampton mulai menyeruak menjadi rumor tahun lalu dengan satu laporan mengklaim perusahaan ingin membeli kendali klub asal pantai selatan Inggris senilai sekitar 200 juta pound.

Liebherr menanggapi laporan dari China dalam sebuah pernyataan di situs klub “bahwa setiap langkah yang kami ambil akan menjadi kepentingan terbaik dari klub”.

“Liga Inggris menjadi semakin kompetitif, kami perlu untuk terus bergerak maju dan melihat ke pasar yang baru guna pertumbuhan komersial, inovasi dan berbagi perjalanan kita.”