Liga Premier Krisis Wasit

Liga Premier hadapi krisis wasit setelah satu lagi pengadil lapangan mereka akan hengkang ke liga lain.

Liga Premier hadapi krisis wasit setelah satu lagi pengadil lapangan mereka akan hengkang ke liga lain.

Adubola.com – Krisis wasit kini melanda Liga Premier setelah wasit Michael Oliver mengikuti jejak Mark Clattenburg tinggalkan Inggris. Oliver dikabarkan akan hengkang ke Liga Amerika Serikat (MLS).

Oliver selama ini jadi salah satu wasit papan atas di Liga Inggris. Ia mendapat tawaran besar dari MLS untuk segera gabung di awal tahun ini.

Kabar mengenai akan hengkangnya wasit kelahiran Northumberland berusia 31 tahun itu, terdengar hanya 48 jam setelah Mark Clattenburg menyatakan berhenti dari Liga Premier dan secara mengejutkan pindah ke Liga  Arab Saudi.

Wasit papan atas Liga Premier kabarnya saat ini makin kecewa dengan kepala badan wasit setempat, Mike Riley. Ini diyakini karena buruknya kepemimpinan Riley dan ofisial pertandingan yang ada di kelas ‘Select One Group’ di badan tersebut. Perasaan tidak puas atas kinerja Riley kabarnya sebabkan banyak wasit yang semula masuk golongan papan atas, malah jarang ditugaskan di pertandingan papan atas.

Mantan wasit papan aras Liga Premier, Howard Webb, sebelumnya juga dikabarkan telah mengambil tugas baru yang akan efektif per 1 Maret mendatang, yakni sebagai asisten pengembangan video pertandingan di Liga Amerika Serikar (MLS). Webb juga ditunjuk sebagai kepala badan wasit MLS pada musim panas ini, gantikan Peter Walton.

Di tubuh Badan Ofisial Pertandingan Profesional (PGMOL) saat ini, kabarnya akan dilakukan rotasi menyusul perginya Clattenburg. wasi-wasit dalam ‘Select Group Two’ seperti David Coote, Chris Kavanagh dan Andrew Madley, telah mendapat promosi untuk masuk ke ‘Select One’.