Luke Shaw Tak Sendirian, Sudah 13 Pemain Didepak Jose Mourinho

182

Adubola.com – Manajer Manchester United, Jose Mourinho, singkirkan bek kiri yang sempat jadi andalannya di awal musim ini, Luke Shaw. Walau akhirnya turunkan pemain itu di pertandingan tengah pekan ini, tapi pelatih asal Portugal itu memberi sejumlah catatan untuk pemain Timnas Inggris tersebut.

Liga Inggris  - Luke Shaw Tak Sendirian, Sudah 13 Pemain Didepak Jose Mourinho

Adubola.com – Manajer Manchester United, Jose Mourinho, singkirkan bek kiri yang sempat jadi andalannya di  awal musim ini, Luke Shaw. Walau akhirnya turunkan pemain itu di pertandingan tengah pekan ini, tapi pelatih asal Portugal itu memberi sejumlah catatan untuk pemain Timnas Inggris tersebut.

Untuk kasus Shaw, Mourinho mengaku akhirnya mainkan pemain itu karena Ashley Young mengalami cedera. Mourinho pun ungkapkan, ia terus-menerus memberi instruksi khusus kepada Shaw dari pinggir lapangan agar pemain itu bisa mengerti instruksinya dan bermain dengan benar.

Mourinho bahkan mengaku, Shaw beruntung karena bermain tak jauh dari tempatnya berdiri dan mendengar instruksinya. Kalau tidak karena instruksinya tersebut – kata Mourinho usai pertandingan, belum tentu Shaw bisa bermain.

Walau sudah kembali dimainkan, sejauh ini nasib Shaw di Old Trafford tetap belum jelas. Ia sendiri sudah minta diransfer ke klub lain pada akhir musim ini, karena tak betah terus-menerus duduk di bangku cadangan – bahkan menghilang dari daftar skuad MU.

Ternyata, mantan bintang Southampton itu tidak sendirian. Mourinho pernah memperlakukan setidaknya 13 pemain lain dengan cara yang sama, dengan yang dilakukannya terhadap Shaw. Beberapa pemain besar akhirnya ‘menang’ setelah melihat pelatih itu akhirnya harus keluar dari Inter Milan, Real Madrid, dan yang paling menyakitkan -barangkali- saat ia terdepak dari Chelsea.

Berikut ini nama-nama pemain yang jadi ‘korban’ Jose Mourinho di beberapa klub berbeda:

1.Ricardo Quaresma

Mantan pemain Mourinho di Inter Milan pada tahu 2008 lalu, yang kini mengaku menyesal seumur hidupnya karenan pernah gabung ke Nerazzurri. “Penyesalan terbesar saya adalah gabung ke Inter. Saya disingkirkan dari skuad, dan bangun di pagi hari dengan perasaan sedih, tapi saya harus ikuti sesi pelatihan,” ujar Quaresma.

Karir Quaresma seketika berantakan. Walaupun, setelah itu, ia ikut mengangkat trofi Piala Eropa bersama Timnas Portugal di tahun 2016 lalu.

2.David Suazo

Setelah mencetak 10 gol di musim perdananya di Inter Milan pada musim 2007/08, penyerang asal Honduras ini bertekad tampil lebih bagus di musim berikutnya. Tetapi, Mourinho datang dan merusak rencananya tersebut. “Dia sombong dan egois banget,” ujar Souza yang akhirnya menghilang dari skuad Inter.

Liga Inggris  - Luke Shaw Tak Sendirian, Sudah 13 Pemain Didepak Jose Mourinho

3.Romelu Lukaku

Mantan anak asuh Mourinho di Chelsea ini tak pernah mendapat ponten 100 ketika ia masih dilatih manajer Portugal tersebut. Pemain asal Belgia inipun dijual murah ke Everton, dan bersinar di Goodison Park.

Ia dapatkan waktu bermain yang cukup dan bisa mencetak gol-gol kemenangan the Toffees -bahkan menjadi top skorer di Everton. Kini, Lukaku diincar banyak tim besar, termasuk bekas klubnya, Chelsea, yang memintanya untuk kembali.

4.Kevin De Bruyne

Mantan anak asuh Mourinho yang jarang dimainkan pelatih itu ketika masih di Chelsea. Sama halnya dengan Lukaku, De Bruyne juga tampil mentereng di Manchester City saat ini.

De Bruyne sempat dipinjamkan Mourinho ke Werder Bremen, sebelum akhirnya dibeli secara permanen oleh Wolfsburg. Ia lalu kembali ke Liga Premier bersama Manchester City sejak tahun 2015 lalu.

5.Juan Mata

Juan Mata juga jadi salah satu pemain yang pernah dibuang Mourinho di Chelsea. Tapi, menurut Mourinho, justru Mata yang minta ditransfer ke Manchester United. Kini, Mata kembali bertemu bekas pelatih yang pernah mendepaknya itu, dan karirnya masih eksis di Old Trafford. Semoga langgeng ya!

6.Samuel Eto’o

Eto’o dan Mourinho bersama-sama di Inter Milan. Tapi, setelah Mourinho berkelakar soal usia Eto’o ketika keduanya di Chelsea, pelan-pelan penyerang asal Kamerun itu menjauh dari Mourinho.

Dia menyebut pelatihnya itu sebagai ‘orang bodoh’ dan ‘boneka’, walaupun Eto’o tetap buktikan permainan apiknya dengan banyak mencetak gol.

7.Iker Casillas, Pepe dan Sergio Ramos

Ketiga pemain ini jadi satu paket pemain yang dibenci Mourinho dan kerap dipersalahkan. Mourinho bahkan perlakukan Iker Casillas dengan buruk, hingga kiper senior ini kehilangan respek dari suporter Real Madrid.

Mourinho kerap membangkucadangkan ketiganya, terutama setelah Pepe mengkritik kepemimpinan Mourinho di Madrid. Semua prahara itu berakhir setelah Mourinho tinggalkan Bernabeu di tahun 2013.

10.Pedro Leon

Pemain muda Real Madrid ini sampai tinggalkan Real Madrid, karena ia merasa di-bully oleh pelatihnya sendiri, Jose Mourinho. Menurut laporan The Guardian, Mourinho bahkan pernah katakan pada Leon bahwa ia tak akan pernah turunkan pemain yang ketika itu masih berusia 23 tahun itu, walaupun tinggal Leon satu-satunya yang tersisa di skuadnya saat itu.

Liga Inggris  - Luke Shaw Tak Sendirian, Sudah 13 Pemain Didepak Jose Mourinho

11.David Luiz

Mourinho secara mengejutkan menjual David Luiz ke PSG pada tahun 2014 lalu. Dua tahun kemudian, pemain asla Brasil ini kembali ke Chelsea setelah Mourinho dipecat, dan ia kembali jadi pemain kunci di skuad the Blues.

12.Eden Hazard (kemungkinan besar seluruh anggota skuad Chelsea di musim 2015/16)

Hazard dan skuad Chelsea secara keseluruhan tampil buruk di musim 2015/16, hingga Mourinho akhirnya diusir dan pelatih itu menyatakan, ia telah ‘dikhianati’ para pemainnya.

Pada akhir karirnya di Chelsea, Mourinho tampak seperti orang yang marah-marah tak jelas, hingga akhirnya Chelsea perlahan bisa bangkit lagi bersama caretaker, Guus Hiddink, dan akhirnya musim lalu di posisi 10 besar. Kini, bersama pelatih baru, Antonio Conte, Chelsea bahkan tinggal selangkah lagi jadi juara Liga Premier musim ini.

Liga Inggris  - Luke Shaw Tak Sendirian, Sudah 13 Pemain Didepak Jose Mourinho

13.Bastian Schweinsteiger

Mantan bintang Bayern Munchen dan Timnas Jerman ini nasibnya tak kalah mengenaskan dibandingkan Luke Shaw. Selain karena sering dibekap cedera, Schweinsteiger juga dinilai sudah uzur.

Ia sempat tak digubris dan nasibnya digantung tanpa kejelasan. Hingga akhirnya, pemain yang belum lama ini pensiun dari tim nasional itu, akhirnya dipanggil lagi oleh Mourinho dan sempat dimainkan beberapa kali.

Namun, akhirnya, Schweisteiger memilih pindah ke klub MLS, Chicago Fire, dan bisa kembali bermain lagi dan mencetak gol.. meskipun ‘sudah uzur’.

 

LEAVE A REPLY