Manajer Liverpool Yakin Timnya Tetap Percaya Diri

Jurgen Klopp tegaskan tak ada alasan bagi Liverpool untuk kehilangan kepercayaan diri meski gagal raih hasil maksimal dalam beberapa pertandingan terakhir.

Hasil imbang melawan Manchester United pada akhir pekan lalu, menambah panjang daftar laga tanpa kemenangan yang diraih Liverpool.

Dari 13 pertandingan yang dilakoni Liverpool di semua kompetisi musim ini, hanya lima pertandingan yang mampu mereka menangkan. Sedangkan sisanya, berakhir dengan dua kekalahan dan enam hasil imbang.

Saat ini, Liverpool tertahan di peringkat delapan klasemen sementara Liga Inggris, dengan raihan 13 poin – terpaut sembilan poin dari Manchester City di puncak klasemen. Meski kerap gagal dapatkan hasil maksimal, namun Jurgen Klopp bersikeras hal itu tak berpengaruh pada kepercayaan diri para pemain Liverpool.

“Kami harus terus percaya diri,” ujar pelatih berusia 50 tahun itu jelang laga melawan Maribor di Liga Champions, Rabu (18/10) dinihari WIB.

“Memang mengecewakan setelah pertandingan [melawan Manchester United] karena kami pantas mendapatkan hasil lebih baik. Kami berada dalam momen yang bagus dan kami melihat ke depan. Sangat mudah untuk mengingat betapa keras perjuangan kami untuk masuk ke Liga Champions,” tandasnya.

“Kami baru kalah dua kali musim ini, satu di Piala Liga [melawan Leicester City] dan satu lagi ketika kami bermain dengan 10 pemain melawan Manchester City. Saya percaya, seluruh tim di dunia ini 99 persen akan kalah jika hadapi Manchester City dalam situasi seperti itu. Jadi, saya tak melihat ada alasan kami kehilangan kepercayaan diri,” tambah Klopp.

Dua hasil imbang dalam dua pertandingan di Liga Champions membuat Liverpool hanya tempati peringkat dua klasemen Grup E – dua poin di bawah Sevilla yang ada di posisi teratas.

Klopp sendiri sadar, mereka harus meraih hasil maksimal ketika melawan ke markas tim juara Slovenia, Maribor, dan tak pikirkan pertandingan mereka selanjutnya di Liga Inggris melawan Tottenham Hotspur.

“Sekarang kami menghadapi saat yang menentukan di babak penyisihan grup,” lanjutnya.

“Kami harus berkonsentrasi dan berani menghadapi tim papan atas di kompetisi Eropa. Mereka tim sepakbola yang bagus. Kami punya pekerjaan yang harus dilakukan dan tidak pikirkan mengenai pertandingan selanjutnya [melawan Tottenham Hotspur],” ujar Klopp.

“Kami sudah membuang beberapa poin meski tampilkan performa yang bagus. Kami harus lebih bagus lagi dan mendapatkan hasilnya. Dua pertandingan melawan Maribor akan berbeda. Mereka biasanya bermain menyerang, mereka ada tim papan atas di Slovenia. Saya melihat pola pikir bermain menyerang ketika melawan Sevilla dan Spartak Moscow. Kami perlu bersiap untuk pertandingan ini,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here