Manchester United Kehilangan Ciri Khas di Tangan Mourinho

Manchester United berisiko kehilangan identitas mereka sebagai sebuah klub, jika terus gunakan jasa Jose Mourinho sebagai pelatih.

Manchester United memang berhasil catatkan start impresif di awal musim ini, dengan enam kemenangan dan dua hasil imbang dari delapan pertandingan di Liga Inggris. Selain itu, catatan United di Liga Champions juga tak kalah impresif, dengan berhasil raih nilai sempurna di tiga pertandingan awal babak penyisihan grup.

Dari 12 pertandingan yang dimainkan Manchester United di semua kompetisi musim ini, United hanya kebobolan dua gol, yaitu saat menang 4-1 dari Burton Albion di Piala Liga, dan menang lagi 4-1 dari CSKA Moscow di Liga Champions.

Meski demikian, gaya permainan bertahan yang diusung Mourinho di United mendapat kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya dari mantan bintang Liverpool dan Manchester City, Craig Bellamy.

Menurutnya, Manchester United merupakan sebuah klub besar dan punya identitas, bukan sekedar klub yang hanya mengincar hasil tanpa pedulikan gaya bermain mereka.

Bellamy sendiri percaya karir Mourinho di United tidak akan berlangsung lama, karena baik fans maupun klub tak akan menolerir gaya permaina yang diusung Mourinho dalam jangka panjang.

“Manchester United adalah tim yang bernilai lebih dari sekedar gelar juara,” ujar Bellamy pada Sky Sports.

“Sebagai klub sepakbola, mereka punya identitas yang lebih berharga daripada sebuah gelar juara. Sebagai sebuah klub, mereka memiliki cara tertentu dalam bermain dan mereka sudah melupakan hal itu selama beberapa waktu. Dari sebuah tim yang meraih gelar juara Liga Inggris secara teratur, menjadi tim seperti saat ini, dan itu membuat mereka dalam kepanikan,” tambahnya.

“Bobby Charlton pernah katakan beberapa tahun lalu bahwa Jose Mourinho bukanlah tipikal pelatih Manchester United. Pada saat ini, keputusasaan mereka untuk meraih gelar juara dan kembali ke puncak, membuat mereka harus mendatangkannya dan membiarkannya [mengubah identitas tim]. Tapi, hal itu pasti akan berlangsung sementara,” tegas Bellamy.

“Manchester United selama ini dikenal sebagai klub besar dengan tradisi yang hebat, dan tentunya anda tidak ingin MU kehilangan hal itu,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here