MU Terkaya, Tapi City Paling Cepat Berkembang

26

Manchester United boleh saja jadi klub terkaya di dunia. Rival sekotanya, Manchester City, tak mau kalah dan jadi klub yang punya pertumbuhan pendapatan paling tinggi.

Liga Inggris  - MU Terkaya, Tapi City Paling Cepat Berkembang

Manchester United boleh saja jadi klub terkaya di dunia. Rival sekotanya, Manchester City, tak mau kalah dan jadi klub yang punya pertumbuhan pendapatan paling tinggi.

Adubola.com – Tetangga berisik MU bahkan diberitakan telah mengalami pertumbuhan pendapatan yang mengejutkan, yakni hingga 629 persen, selama lebih dari 10 tahun terakhir.

Tim asuhan Jose Mourinho itu kembali ke puncak pohon laba untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir, melompati Real Madrid yang mengantongi keuntungan mengejutkan sebesar 515,3 juta Poundsterling di musim lalu.

Sedangkan City, di pohon laba itu sebenarnya menempati  posisi ke lima sebagai klub terkaya di dunia, dengan pendapatan 392,6 juta Pounds. Namun, klub milik penguasaha tajir asal Timur Tengah itu, Sheikh Mansour, mengalami pertumbuhan yang mencengangkan selama 10 tahun terakhir, dibandingkan klub-klub papan atas dunia lainnya.

Sepuluh tahun lalu, satu tahun sebelum diambil Mansour, City hanya peroleh pendapatan sebesar 62,1 juta Pounds. Tapi sekarang, pendapatannya telah berlipat ganda dan tumbuh hingga 629 persen.

Pendapatan terbesar City saat ini diperoleh dari hak siar televisi dan sponsorship yang memang punya kesepakatan cukup besar di Liga Premier saat ini. Itulah sebabnya, klub-klub papan atas bisa meraup pendapatan yang besar – bahkan bisa menyamai rekor transfer dunia yang dilakukan MU saat mereka membeli kembali Paul Pogba dari Juventus sebesar 89 juta Pounds.

Liga Inggris  - MU Terkaya, Tapi City Paling Cepat Berkembang

Sementara itu, meskipun masih dalam daftar 10 klub terkaya di dunia, namun Chelsea jadi klub yang punya pertumbuhan cukup lamban selama satu dekade ini. Setelah mendapat suntikan dana sebesar 244,1 juta Pounds pada tahun 2007, klub milik Roman Abramovich itu hanya tumbuh sebesar 58 persen, dengan total pendapatan 334,6 juta di musim lalu.

Sedangkan Paris Saint-Germain, jadi klub kedua setelah City yang punya pertumbuhan cukup pesat dalam satu dekade ini, yakni sebesar 568 persen. Adapun klub terkaya di dunia, Manchester United, mengalami pertumbuhan 119 persen, dan Liverpool tumbuh 103 persen dalam 10 tahun terakhir.