Mike Dean Tetap Wasit Terbaik Inggris

27

Mike Dean tetap jadi wasit nomor satu di Liga Premier, walaupun ‘tak bermutu’ di sepanjang periode sibuk Desember lalu.

Liga Inggris  - Mike Dean Tetap Wasit Terbaik Inggris

Mike Dean tetap jadi wasit nomor satu di Liga Premier, walaupun ‘tak bermutu’ di sepanjang periode sibuk Desember lalu.

Adubola.com – Mike menerima berbagai kritik usai penampilannya dan lima kartu merah yang dikeluarkannya dalam 15 pertandingan di musim ini.

Diungkapkan mantan ofisial pertandingan di Liga Premier, Mark Halsey, sebagai wasit Mike Dean sudah tampil sebagai sosok yang ‘arogan’. Dia juga yakin,¬†hanya segelintir wasit yang ‘terpercaya’ untuk mengawal pertandingan penting di liga.

Dean, yang telah menjadi pelatih Liga Premier selama 16 tahun, secara kontroversial mengusir keluar pemain West Ham United, Sofiane Feghouli, saat the Hammers kalah dari Manchester United, 2 Januari lalu. Belakangan, kartu merah Feghouli dibatalkan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

Itu kesalahan ke-25 yang dilakukan ofisial tersebut sejak ia mengawali karirnya di musim 2013/14, dan ini jadi yang tertinggi di tubuh perwasitan Liga Premier saat ini. “Jika anda perhatikan periode Desember, dia memang menjalani periode tak bermutu,” ujar Halsey, 55, kepada radio BBC.

“Saya tidak setuju dengan beberapa keputusan yang dibuatnya, terutama soal pengusiran pemain,” tegasnya.

“Itu memang bukan pekerjaan yang mudah. Dia salah satu wasit yang paling berpengalaman dan sangat bagus -salah satu yang terbaik yang kita punya. Tapi dia sekarang menjadi sedikit arogan. Saya ingin melihat itu dibawa keluar dari permainan dan mungkin dia akan mendapat lebih banyak rasa hormat dari masyarakat dan media massa,” tambahnya.

Halsey sendiri pensiun sebagai pelatih pada tahun 2013, dan mengatakan standar kepemimpinan wasit perlahan memburuk sejak Keith Hackett pensiun dari posisi manajer umum di Persatuan Ofisial Pertandingan (PGMOL) di tahun 2010 lalu.

“Mark Clattenburg sejauh ini jadi wasit terbaik kami, lalu ada Martin Atkinson, Michael Oliver, Andre Marriner, Anthony Taylor dan Mike Dean. Di pertandingan besar dan derbi-derbi klub papan atas, hanya empat atau lima wasit yang bisa memimpinnya. PGMOL tidak percaya untuk memberikan kepercayaan pada wasit lain di luar empat atau lima orang tersebut, untuk mengawal pertandingan besar,” tandas Halsey.

 

LEAVE A REPLY