Pelatih Chelsea Tanggung Jawab Soal Michy Batshuayi

Antonio Conte harus bertanggung jawab atas masalah di lini depan Chelsea. Demikian ungkap mantan striker The Blues, Chris Sutton.

Chelsea tengah dilanda krisis setelah kekalahan beruntun dan cedera sang pencetak gol terbanyak, Alvaro Morata. Ada juga pertanyaan serius tentang pemain pengganti Morata, Michy Batshuayi, jelang pertandingan Liga Champions melawan AS Roma pada Kamis (19/10) dinihari WIB.

Chris Sutton percaya, track record Morata menunjukkan bahwa dia jadi rekrutan yang berisiko untuk gantikan Diego Costa. Pemain asal Spanyol itu tidak pernah bermain sebagai starter secara reguler di dua bekas klubnya, Juventus dan Real Madrid.

“Costa jadi striker yang mainkan banyak pertandingan, dan selama beberapa musim terakhir selalu bisa diandalkan,” ujar pakar sepakbola BT Sport itu.

“Jika Anda melihat catatan Morata dalam hal sebagai pemain starter selama tiga atau empat musim terakhir, dia belum banyak bermain sebagai starter. Selalu berisiko untuk memboyongnya, dan kemudian klub tidak punya striker lain. Bisakah dia diandalkan untuk bermain 30 sampai 40 laga? Saya tidak begitu yakin dia bisa,” tambahnya.

“Jelas ada Batshuayi, tapi saya rasa Conte tidak mempercayainya. Fakta bahwa dia lebih memilih mainkan [Eden] Hazard dalam laga kontra Manchester City [di Stamford Bridge pada 30 September lalu] alih-alih Batshuayi, ini menandakan Conte tidak punya kepercayaan yang besar padanya,” tegas Sutton.

Penampilan buruk Batshuayi pada akhir pekan lalu, dapat sorotan tajam setelah Chelsea kalah 1-2 dari Crystal Palace. Tapi, Sutton merasa pemain asal Belgia itu pantas mendapat simpati, setelah Conte gagal tanamkan keyakinan yang dia butuhkan. “Saya rasa, dia (Batshuayi) mungkin tahu Conte tidak mempercayainya,” kata Sutton.

“Dalam pertandingan melawan Manchester City, Conte mainkan Hazard. Anda harus mengatakan pada akhir pekan bahwa dia tampak percaya diri. Beberapa kali musim ini, dia tidak terlalu percaya diri dan dia tidak bermain secara reguler,” tandasnya.

Menurut Sutton, penampilan Morata juga mainkan peran dalam perjuangan Batshuayi. “Untuk masuk dan gantikan Morata yang memulai musim dengan sangat kuat, mencetak banyak gol dan terlihat sangat berguna bagi tim, telah memberi tekanan padanya. Jadi, saat Chelsea gagal seperti yang mereka lakukan akhir pekan lalu, dia dapat sorotan tajam,” ujar Sutton.

“Tapi, Anda tidak bisa melepaskan diri dari kenyataan, jarang dimainkan pada akhir pekan dan saya harus mengatakan bahwa mereka merasa kehilangan Morata,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here