Pep Guardiola Bersiap Pensiun Di Usia 45 Tahun

14

Manajer Manchester City Pep Guardiola melontarkan sebuah pernyataan mengejutkan. Ia sedang mempertimbangkan untuk pensiun selamanya dari dunia sepak bola.

Liga Inggris - Pep Guardiola Bersiap Pensiun Di Usia 45 Tahun

Manajer Manchester City Pep Guardiola melontarkan sebuah pernyataan mengejutkan. Ia sedang mempertimbangkan untuk pensiun selamanya dari dunia sepak bola.

Liga Inggris - Pep Guardiola Bersiap Pensiun Di Usia 45 Tahun

Adubola.com – Pelatih Spanyol ini baru menjalani enam bulan pertama karirnya di Stadion Etihad, setelah sebelumnya sukses di Bayern Munchen dan Barcelona.

Pep Guardiola telah membuat sebuah deklarasi kejutan bahwa dia sudah berpikir tentang akhir dari karir kepelatihannya.

Pelatih berusia 45 tahun ini baru menjalani enam bulan pertama kehidupan di Manchester City, setelah bergabung pada bulan Juli.

Guardiola meninggalkan Bayern Munchen setelah tiga tahun dan meraih tiga gelar Bundesliga di Bavaria, setelah sebelumnya menghabiskan empat tahun sebagai pelatih kepala Barcelona – di mana ia mengalami keberhasilan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dua kali memenangkan Liga Champions.

Dia menandatangani kontrak tiga tahun dengan Manchester City pada musim panas dan Pep Guardiola percaya bahwa jangka waktu tiga tahun adalah waktu yang optimal untuk mengabdikan diri untuk satu klub, untuk mencapai hasil yang maksimal.

Namun, meski baru menjadi pelatih untuk kurang dari satu dekade, ia telah mengejutkan dengan pengakuannya – terutama mengingat dia baru enam bulan menduduki masa jabatannya di Etihad – “Awal dari perpisahan saya sudah dimulai.”

“Apa yang saya suka adalah untuk membayangkan bahwa langkah berikutnya bisa lebih baik – jika tidak, saya tidak akan berada di sini,” kata Guardiola, berbicara dalam sebuah wawancara khusus dengan NBC, yang berjudul ‘Di dalam pikiran Pep Guardiola’.

“Saya merasa bahwa awal dari perpisahan saya sudah dimulai.”

“Saya tidak akan menjadi pelatih ketika saya berusia 60 atau 65 tahun. Manchester City hanya berlangsung selama tiga tahun, atau mungkin lebih lama, tapi saya sudah mendekati akhir dari karir saya sebagai manajer. Saya yakin itu.”

Ditanya di mana dia akan ditemukan pada masa pensiunnya, Guardiola menjawab: “Jika Anda mencari saya, saya akan berada di lapangan golf.”

Guardiola mengambil alih pekerjaan pertamanya sebagai pelatih tim senior pada tahun 2008 di Camp Nou, setelah sebelumnya hanya 12 bulan bertugas skuad Barcelona B.

Soal pekerjaannya di Barcelona itu, rival lama Jose Mourinho meledeknya: “Jika Anda menikmati apa yang Anda lakukan, Anda tidak kehilangan rambut Anda; dia botak. Guardiola tidak menikmati sepak bola.”

Memang, setelah empat tahun dengan Barca, Guardiola mengambil cuti setahun di New York – jauh dari sepak bola, sebelum bergabung dengan Bayern – percaya bahwa ia membutuhkan waktu jeda sejenak dari permainan tersebut.

Dan orang-orang di sekitar dia pada semua klub sebelumnya, yang telah menyaksikan kerjanya di tempat latihan, telah berkomentar tentang bagaimana pengabdiannya untuk pelatihan sudah mempengaruhi dia, menyebabkan dia tidak pernah bisa jauh-jauh dari pinggir lapangan dan terus menerus merasa lelah. Marti Perarnau mengungkap dalam bukunya “Pep Confidential” bahwa ia juga kesulitan untuk menelan makan pada hari pertandingan.

 

LEAVE A REPLY