Piala EFL : Mourinho Samai Rekor Sir Alex Ferguson

Manchester United menangkan trofi Piala Liga setelah kalahkan Southampton di final, 3-2, Senin (27/2) dinihari WIB. Pelatih MU, Jose Mourinho, pun terlihat sumringah, karena jadi salah satu pelatih paling sukses dalam sejarah Piala Liga (Piala EFL).

Manchester United menangkan trofi Piala Liga setelah kalahkan Southampton di final, 3-2, Senin (27/2) dinihari WIB. Pelatih MU, Jose Mourinho, pun terlihat sumringah, karena jadi salah satu pelatih paling sukses dalam sejarah Piala Liga (Piala EFL).

Adubola.com – Mourinho sebelumnya tercatat berhasil menangkan tiga trofi Piala Liga, selama dua periode bertugas di Chelsea. Dan kini, pelatih asal Portugal itu menangkan trofi Piala Liga-nya yang ke empat bersama Manchester United.

Di laga final tersebut, United unggul 2-0 lebih dulu lewat gol Jesse Lingard dan Zlatan Ibrahimovic. Namun, Southampton berhasil menyamakan kedudukan lewat dua gol Manolo Gabbiadini. Sundulan Ibrahimovic-lah yang kemudian mencetak gol kemenangan MU, saat laga tersisa beberapa menit lagi.

Mourinho pun tercatat berhasil samai rekor mantan pelatih MU sebelumnya, Sir Alex Ferguson, dan manajer Nottingham Forest, Brian Clough, yang sama-sama bukukan rekor empat trofi Piala Liga (Piala EFL).

“Ini luar biasa. Kita tahu Sir Alex (Ferguson) selama ini adalah yang terbaik. Maka, menjadi seperti dia, dan juga Mr Clough, dengan sejarah menakjubkannya di sepakbola Inggris bersama Nottingham Forest, bagi saya itu benar-benar luar biasa,” tandas Mourinho usai pertandingan.

“Tapi, yang paling penting  bagi saya, adalah kebahagiaan semua orang di klub. Saya lihat pemilik klub, fans, para pemain, itulah hal yang terpenting bagi saya,” tambah Mourinho.

Bagi MU sendiri, klub itu juga kantongi rekor sendiri. MU kini sukses kantongi 44 trofi. Koleksi ini membuat MU berhasil kalahkan Liverpool, bahkan masih berpeluang menangkan tiga trofi lagi. Karena torehan inilah, MU dinobatkan sebagai tim paling sukses dalam sejarah sepakbola Inggris.

Sampai saat ini, United sudah mengantongi 20 gelar juara liga, 12 Piala FA, lima Piala Liga, tiga trofi European Cup, satu trofi Winners’ Cup, satu trofi Piala Super Uefa, satu trofi Piala Dunia Klub dan satu trofi Intercontinental Cup.

Rekor ini berada di atas Liverpool, yang sudah menangkan 18 gelar juara Liga Premier, tujuh trofi Piala FA, delapan trofi Piala Liga, lima tropi European Cup, tiga Piala UEFA dan tiga trofi Piala Super UEFA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here