Saido Berahino Gagal Tes Doping

Saido Berahino dinyatakan gagal tes doping, saat ia masih bersama klub lamanya, West Bromwich Albion. Akibatnya, striker Inggris itu diskorsing FA sebelum akhirnya teken kontrak di Stoke City.

Liga Inggris  - Saido Berahino Gagal Tes Doping

Saido Berahino dinyatakan gagal tes doping, saat ia masih bersama klub lamanya, West Bromwich Albion. Akibatnya, striker Inggris itu diskorsing FA sebelum akhirnya teken kontrak di Stoke City.

Adubola.com – Striker itu dinyatakan positif menggunakan obat-obatan terlarang (recreational drugs), dan sempat vakum bermain untuk West Brom antara 10 September 2016 hingga ia pindah ke Stadion Bet365 -markas Stoke City- akhir Januari 2017 ini.

Adapun tes tersebut dilakukan di luar kompetisi pada September 2016 silam. Sejak saat itu Berahino tak pernah bermain untuk West Brom, bahkan gagal saat diminta membela tim U-23 West Brom selama tiga bulan.

Saat Berahino absen, pelatih West Brom, Tony Pulis, tampaknya berusaha menutupi kasus yang menimpa pemainnya itu. Ia hanya mengklaim, pemain itu absen dari tim utama karena kelebihan berat badan. Namun, seiring dengan hengkangnya Berahino, Pulis kemudian mengatakan, striker itu butuh bekerja secara bersama-sama sebagai sebuah tim.

Meski demikian, kabar mengejutkan ini sedianya tidak akan berdampak pada transfer Berahino ke Stoke, yang dibuat sepenuhnya dalam kondisi sadar hingga kesepakatannya selesai. Berahino sendiri mengaku percaya ada kondisi khusus di sekitar tes doping, hingga ia dinyatakan gagal dalam tes tersebut.

Sejauh ini, pihak Stoke City, FA maupun agen Berahino menolak untuk berkomentar terkait hal ini. Bahkan jubir Stoke meminta media untuk menanyakan kejelasan kabar ini pada badan terkait.

Bersama klub lamanya West Brom, Berahino tampil terakhir kalinya saat klub itu berlaga di markas Bournemouth, 10 September 2016. Lalu, ia vakum selama tiga bulan dan diminta perkuat tim U-23, yang akhirnya juga dinyatakan gagal oleh pihak West Brom. Berahino hanya sempat dimainkan Stoke U-23 pada 20 September, dan lalu vakum lagi hingga kepindahannya ke Stoke bulan lalu.