Steven Gerrard Kembali ke Liverpool

Steven Gerrard menepati janjinya untuk gabung lagi dengan Liverpool. Pada akhir pekan ini, mantan bintang Liverpool yang juga kapten Inggris berusia 36 tahun itu diberitakan telah kembali ke Anfield.

Steven Gerrard menepati janjinya untuk gabung lagi dengan Liverpool. Pada akhir pekan ini, mantan bintang Liverpool yang juga kapten Inggris berusia 36 tahun itu diberitakan telah kembali ke Anfield.

Adubola.com – Setelah tinggalkan Anfield pada akhir musim 2014/15 silam, Gerrard akhirnya kembali ke klub lamanya, Liverpool. Kali ini, kembalinya mantan bintang Inggris itu ke markas the Kop, adalah untuk jadi pelatih tim yunior the Reds.

Rencananya, Gerrard yang memulai debutnya di Liverpool pada tahun 1998, akan mulai melatih tim muda the Reds pada Februari mendatang. Sebelumnya, Gerrard bermain di klub MLS, LA Galaxy, sejak musim 2014/15 atau tak lama setelah ia tinggalkan Liverpool. Tapi, Gerrard menyatakan telah pensiun sebagai pemain pada November 2016 lalu, setelah ia menjabani karir suksesnya sebagai pesepakbola papan atas dunia selama 19 tahun.

“Rasanya seperti melengkapi sebuah lingkaran, kembali ke tempat di mana semuanya dimulai. Tapi, ini bukan keputusan yang berdasarkan pada emosi semata, ini soal apa yang saya bisa tawarkan dan berikan kontribusi saya,” ujar Gerrard.

“Saat saya tahu, bahwa kembali ke sini adalah sebuah pilihan serius, saya ingin yakinkan saya mendapat peran yang nyata,” tambahnya.

“Ini memberi saya kesempatan luar biasa untuk belajar dan berkembang sebagai seorang pelatih. Di saat yang sama, saya juga bisa berikan pengetahuan saya, berbagi ide dan pengalaman saya kepada para pemain muda di periode penting perkembangan mereka,” tandas Gerrard seperti dilansir BBC.

Liverpool pun mengaku yakin, Gerrard akan berikan ‘pengalaman dan keahliannya, maupun pengetahuan yang tak tertandingi dalam jersey kebesaran maupun etos kerja Liverpool sebagai sebuah klub papan atas Inggris, dan juga Eropa.

Gerrard sebelumnya sempat dikabarkan akan melatih klub League One, MK Dons, sesaat setelah ia umumkan kepergiannya dari LA Galaxy. Tapi, saat itu, Gerrard mengatakan, kesempatan itu datang ‘terlalu cepat’ baginya.

Saat ini, Gerrard juga tengah merintis lisensi pelatih kategori A dari UEFA, agar bisa mengasuh tim utama sebuah klub di Liga Premier. Bersama the Reds, Gerrard sudah bermain dalam 710 pertandingan dan persembahkan sembilan trofi. Di Timnas Inggris, Gerrard jadi pemain ke empat yang mengantongi cap terbanyak, yakni 114 caps, dan jadi kapten dalam tiga dari enam turnamen utama yang dimainkannya.