Wasit yang Sering Menangkan MU Ini Bertugas di Derby Manchester

Manchester United akan tandang ke markas Manchester City di Etihad Stadium, Jumat (28/4) dinihari WIB. Jika menang, Setan Merah berpeluang untuk lampaui rival sekotanya itu ke posisi empat besar.

Manchester United akan tandang ke markas Manchester City di Etihad Stadium, Jumat (28/4) dinihari WIB. Jika menang, Setan Merah berpeluang untuk lampaui rival sekotanya itu ke posisi empat besar.

Berita Bola, Liga Inggris – Derby Manchester ini dijadualkan akan dikawal wasit Martin Atkinson, yang sebelumnya sudah tiga kali jadi pengadil dalam pertandingan yang dilakoni Manchester United pada musim ini.

Tampaknya, Atkinson akan jadi penengah yang bakal tentukan laga krusial kedua tim Manchester yang tengah berjuang perebutkan tiket ke Liga Champions musim depan itu.

Atkinson sebelumnya jadi wasit kepala saat United menang atas Blackburn Rovers di ajang Piala FA. Begitu juga saat MU menang atas Sunderland di malam Boxing Day.

Namun, ia jadi sasaran kemarahan fans MU, saat Atkinson tak mengusir bek Chelsea, David Luiz, setelah pemain itu mengangkat kakinya terlalu tinggi saat berusaha membendung serangan Marouane Fellaini. Saat itu, di kandang Chelsea, Setan Merah kandas 0-4.

Sir Alex Ferguson juga pernah mengecam Atkinson saat ia jadi pengadil dalam laga antara MU kontra Chelsea di tahun 2011 silam. Saat itu, Fergie mengklaim, sudah tiga kali wasit itu keluarkan putusan yang merugikan United, saat Setan Merah bertemu dengan tim-tim asal kota London.

Usai Atkinson tak mengusir keluar David Luiz, Fergie mengatakan, “Adan berharap anda mendapat wasit yang sangat tegas dalam pertandingan seperti ini. Ini pertandingan besar untuk ke dua tim, dan anda ingin wasit yang adil. Anda ingin wasit yang kuat, dan kita tidak mendapatkannya”.

“Saya tidak tahu mengapa dia yang dapat giliran untuk pertandingan ini. Saya harus katakan itu, saat saya melihat siapa yang jadi wasitnya, benar-benar menakutkan,” tambahnya.

Meski demikian, Atkinson pula wasitnya yang pernah jadi pengadil dalam dua Derby Manchester di musim 2009/10 silam. Di musim itu, MU menang dalam derby tersebut, dan keduanya terjadi di masa injury.

Pertama, Michael Owen berhasil akhirnya membawa MU menang 4-3 saat pertandingan digelar di Old Trafford. Lalu, di pertemuan ke dua, MU juga unggul lewat sundulan Paul Scholes di menit-menit akhir.

Atkinson pula yang jadi wasit saat MU menang 3-2 di Etihad Stadium pada tahun 2012. Ketika itu, tendangan bebas Robin van Persie di menit-menit akhir berhasil amankan poin sempurna dalam derby Manchester pertama yang dilakoninya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here