Daftar Calon Bos Baru di Bayern Munchen

Inilah calon kuat pengganti Carlo Ancelotti di Bayern Munchen usai pemecatan Kamis malam. Keduanya orang Jerman.

Carlo Ancelotti, Bayern Munchen
Carlo Ancelotti, Bayern Munchen

Carlo Ancelotti dipecat oleh Bayern Munchen, Kamis malam WIB, hanya selang satu tahun bertugas, menyusul kekalahan Liga Champions mereka dengan skor 3-0 di tangan Paris Saint Germain.

Bayern, juara Jerman tahun lalu di bawah Ancelotti dan juga untuk lima musim terakhir, memiliki awal yang beragam dalam musim ini. Mereka mengalami kekalahan 2-0 oleh Hoffenheim sebelum bermain imbang 2-2 di kandang Wolfsburg setelah unggul dua gol lebih dulu.

Dalam pernyataan resmi klub mereka, Bayern mengatakan mereka telah ‘berpisah’ dengan sang pelatih berusia 58 tahun itu usai kekalahan pertengahan pekan oleh PSG.

Asisten Ancelotti Willy Sagnol akan mengambil alih posisi pelatih kepala untuk sementara, dengan bos Hoffenheim Julian Nagelsmann menjadi favorit terkuat untuk menggantikan bos asal Italia itu dalam posisi full-time.

CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge sebelumnya sudah pernah membahas kekaguman bersama antara dirinya dan mantan pelatih Borussia Dortmund Thomas Tuchel, dan ada keinginan untuk melihat seorang manajer berkebangsaan Jerman mengambil kendali di Bayern lagi untuk pertama kalinya sejak Jupp Heynckes, yang mengakhiri karirnya pada tahun 2013.

Rummenigge mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs Bayern: “Kinerja tim kami sejak awal musim tidak memenuhi harapan yang kami berikan kepada mereka.”

“Pertandingan di Paris dengan jelas menunjukkan bahwa kami harus membuat keputusan. Hasan Salihamidžić [direktur olahraga Bayern] dan saya berbicara dengan Carlo hari ini dan memberitahukan keputusan kami.”

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Carlo atas kerja sama ini dan saya menyesalkan perkembangan ini. Carlo adalah teman saya dan akan tetap demikian, tapi kami harus membuat keputusan profesional dalam semangat Bayern.”

“Saya sekarang mengharapkan tim untuk memiliki reaksi positif dan performa absolut, jadi kami bisa mencapai tujuan kami untuk musim ini.”

Empat staf pembinaan Ancelotti – Davide Ancelotti (putra Carlo), Giovanni Mauri, Francesco Mauri dan Mino Fulco – juga telah meninggalkan Bayern.

Mantan manajer Real Madrid dan Chelsea, Ancelotti, mengambil alih Bayern pada Juli 2016 menyusul kepindahan Pep Guardiola ke Manchester City.

Dia melanjutkan dominasi Bayern di Bundesliga, memenangkan liga dengan jarak 15 poin jauhnya dari posisi kedua, RB Leipzig. Dia juga sudah pernah memenangkan Piala Super Jerman pada laga pra-musim tahun ini dan tahun lalu.

Namun mereka dikalahkan 3-2 di kandang sendiri pada semifinal Piala Jerman oleh Borussia Dortmund, dan di perempat final Liga Champions 2016-17 oleh Real Madrid. Bayern belum memenangi trofi utama Eropa sejak 2013.

Ada juga masalah di luar lapangan. Kiper Manuel Neuer akan absen sampai setelah Natal akibat cedera dan penggantinya, Sven Ulreich, belum tampil meyakinkan. Ia membuat kesalahan buruk saat melawan Wolfsburg yang berujung kebobolan gol pertama.

Striker utama Robert Lewandowski telah mengkritik kebijakan transfer klub tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka perlu membelanjakan lebih banyak uang, sementara ada juga ketidakharmonisan di antara para penggemar dan media Jerman karena kurangnya waktu permainan Thomas Muller.

Penandatanganan James Rodriguez dengan pinjaman dua tahun telah membelah pendapat para fans, sementara Philipp Lahm dan Xabi Alonso yang memutuskan pensiun telah meninggalkan kekosongan kepemimpinan.

Pada Rabu malam, Bayern tampil di Paris. Hanya Barcelona dan Real Madrid yang pernah memberi kekalahan berat pada Bayern di ajang Liga Champions. Mereka berada di urutan kedua dalam grup dengan tiga poin dari dua pertandingan, sejajar dengan Celtic.

Mereka berada di posisi ketiga di Bundesliga, dengan 13 poin dari enam pertandingan, membuntuti pemimpin klasemen Borussia Dortmund dengan tiga poin.

Pertandingan berikutnya adalah pergi ke Hertha Berlin pada 1 Oktober – di mana Sagnol yang berusia 40 tahun akan memimpin – sementara pertandingan Liga Champions berikutnya adalah tandang ke Celtic pada 18 Oktober.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here