Satu Tribun Borussia Dortmund Akan Ditutup Sebagai Hukuman

Adubola.com – Borussia Dortmund terima sanksi yang cukup berat. Tribun selatan Stadion Signal Iduna Park yang berkapasitas 25.000 penonton akan ditutup. Apa alasannya?

Borussia Dortmund Dinding Kuning

Adubola.comBorussia Dortmund terima sanksi yang cukup berat. Tribun selatan Stadion Signal Iduna Park yang berkapasitas 25.000 penonton akan ditutup. Apa alasannya?

Asosiasi sepak bola Jerman (DFB), Jumat, menuntut dijatuhkannya larangan satu pertandingan bagi penggemar Borussia Dortmund untuk mengisi tribun selatan mereka.

Selain itu BVB juga dituntut denda sebesar Rp 1,4 Milyar setelah terjadinya sejumlah masalah penonton di beberapa pertandingan, termasuk kemenangan pekan lalu atas RB Leipzig.

Panitia dari DFB mengatakan, mereka telah mengusulkan penutupan tribun berdiri dari stadion itu serta denda besar mengingat bahwa Dortmund adalah pelanggar berulang dan telah menerima hukuman percobaan Juli lalu untuk masalah yang sama.

Fans pekan lalu baru saja membentangkan spanduk yang menyerang Leipzig, yang dimiliki oleh pembuat minuman energi Red Bull, serta direktur mereka Ralf Rangnick dan pemilik Red Bull Dieter Mateschitz.

“Ayo kita sembelih sapi jantan,” kata banner yang satu, “Bir lebih baik daripada soda” kata banner yang lain, mengacu pada pemilik Leipzig.

Penggemar Dortmund menyalakan mercon suar selama pertandingan, sementara di luar stadion berkapasitas 80.000 kursi itu beberapa fans terlihat menyerang pendukung Leipzig yang baru saja tiba ke dalam stadion.

Mereka juga telah menyebabkan kerusuhan dalam tiga pertandingan lainnya musim ini, kata DFB.

Dortmund memenangkan pertandingan atas Leipzig, tapi klub bos berulang kali meminta maaf ke Leipzig untuk perilaku fans mereka.

“Pencemaran nama baik individu atau klub dengan menggunakan spanduk dan nyanyian tidak dapat diterima dan harus diberi sanksi,” kata Anton Nachreiner, kepala komite DFB. “Hal yang sama berlaku untuk mercon suar,” katanya.

Tribun selatan, dijuluki “Dinding Kuning”, adalah tribun berdiri terbesar di Eropa dengan kapasitas 25.000 orang.

Dortmund punya waktu sampai dengan hari Senin untuk menerima dakwaan dari DFB atau menolaknya. Jika mereka menolak maka keputusan akan diambil oleh pengadilan olahraga DFB.