Barcelona Minta Pique Berhenti Komentari Wasit

Barcelona akhirnya gerah juga setelah para wasit melaporkan aksi Gerard Pique ke Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Liga Spanyol  - Barcelona Minta Pique Berhenti Komentari Wasit

Barcelona akhirnya gerah juga setelah para wasit melaporkan Gerard Pique ke Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Adubola.com – Akibat dari pelaporan tersebut, pihak El Barca pun minta agar Pique berhenti mengomentari para pengadil lapangan.

“Kami sudah jelaskan kebijakan klub, yang meminta agar tidak berbicara soal para wasit,” ujar CEO Barcelona, Oscar Grau, terkait investigasi yang dilakukan Komite Kompetisi Spanyol terhadap komentar yang dilontarkan Pique.

Menurut Oscar Grau, klub asal Catalan itu sudah memperingati Gerard Pique agar berhenti mengkritisi berbagai keputusan wasit di lapangan. Ini terkait dari dua aksi kontroversial yang dilakukan bek Timnas Spanyol itu mengenai wasit dalam waktu tujuh hari.

Komplen pertama Pique, adalah mengenai standar perwasitan yang diungkapkannya dalam wawancara setelah pertandingan Kamis pekan lalu. Saat itu, wasit tak memberi Barcelona hadiah penalti saat pelanggaran terjadi pada Neymar, dalam pertandingan Copa del Rey melawan Athletic Bilbao.

Lalu, tiga hari berikutnya, Pique juga memprotes keputusan wasit untuk tak memberi hadiah penalti pada wasit, walau pemain Villarreal, Bruno, jelas-jelas melakukan handball di wilayah terlarang. Saat itu, Barca hanya bisa bermain imbang 1-1.

Berikutnya, Pique disebut-sebut telah melakukan aksi konyol terhadap presiden La Liga, Javier Tebas, usai pertandingan kontra Villarreal tersebut. Di pinggir lapangan, Pique menunjuk-nunjuk ke arah tribun para direktur dan berteriak “Anda lihat itu?! Ya, anda!”

Pique lalu melanjutkan aksi protesnya terhadap ofisial pertandingan dalam wawancara dengan awak media, termasuk reporter televisi.

Pada Selasa waktu setempat, asosiasi wasit La Liga melaporkan Pique ke RFEF terkait berbagai komentar miringnya terhadap para wasit. Pihak Komite Wasit RFEF pun langsung melakukan investigasi atas laporan tersebut.

Menurut Grau, klub tetap bersimpati terhadap pemain berusia 29 tahun itu. Namun, pihak klub pun meminta Pique untuk segera menghentikan berbagai komentar yang kerap dilontarkannya terhadap wasit usai berbagai pertandingan.

“Kami sudah bicara pada kapten tim, dan juga Pique. Kami jelaskan apa yang diinginkan klub, yaitu tidak perlu bicara soal wasit. Jika kita mencari yang terbaik untuk Barca, kita harus menahan diri untuk tidak bicara soal wasit,” tegas Grau.

“Menurut pengalaman saya, anda tidak perlu memprotes wasit. Ada situasi yang memang tidak menyenangkan bagi kita, tapi pada akhirnya, di atas lapangan, tim terbaiklah yang menang,” tambahnya.

LEAVE A REPLY