Barcelona, Man Utd Kena Tipu di Jendela Transfer

Ada transfer musim panas kemarin yang kemahalan. Barcelona dan Man United termasuk yang tertipu

Liga Spanyol  - Barcelona, Man Utd Kena Tipu di Jendela Transfer

Sejumlah raksasa sepak bola seperti Paris Saint-Germain, Barcelona dan Manchester City membayar terlalu mahal untuk beberapa transfer di musim panas kemarin.

Berikut adalah 10 transfer pemain yang kelewat mahal, menurut CIES Football Observatory.

Football Observatory adalah kelompok peneliti di Pusat Internasional untuk Studi Olahraga (CIES) yang mengkhususkan diri dalam analisis statistik sepak bola.

PSG sepakat dengan AS Monaco untuk mendatangkan pemain internasional Prancis berusia 18 tahun, Kylian Mbappe, dengan nilai transfer paling mahal dari jendela tersebut.

CIES menghitung selisih antara nilai aktual yang dibayarkan untuk mendatangkan pemain di lima liga teratas Eropa dengan perkiraan nilai pemain pada saat terjadinya transfer, yang ditentukan oleh institut itu berdasarkan algoritma mereka sendiri.

Nilai kylian Mbappe diperkirakan sebesar 92,6 juta Euro (Rp 1,42 Trilyun), namun tim Ligue 1 setuju untuk membayar 180 juta Euro (Rp 2,77 Trilyun) untuk jasanya, yang berarti mereka terlalu berlebihan membayar untuk Monaco sebesar 87,4 juta Euro (Rp 1,34 Trilyun).

Langkah kepindahan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund ke FC Barcelona menempati urutan kedua dalam daftar kelewatan mahal ini. Si pemain Prancis itu dikatakan bernilai 95,8 juta Euro (Rp 1,47 Trilyun), namun Blaugrana akhirnya membayar 147 juta Euro (Rp 2,26 Trilyun), atau kemahalan 51,2 juta Euro (Rp 787 Milyar) lebih banyak dari seharusnya, menurut CIES.

Mantan bek Monaco Benjamin Mendy berada di tempat ketiga setelah ia bergabung dengan Manchester City dengan biaya sekitar 57,5 ​​juta Euro (Rp 884 Milyar). CIES memperkirakan bahwa nilai pemain internasional Prancis hanya 28,5 juta Euro (Rp 438 Milyar), dan merasa bahwa tim asuhan Pep Guardiola membayar kelebihan sebesar 29 juta Euro (Rp 446 Milyar).

Everton melihat dua penampilan pemain baru mereka di tempat keempat dan kelima. Penandatanganan Jordan Pickford melihat Toffees kelebihan membayar Sunderland sebesar 27,5 juta Euro (Rp 423 Milyar). Selain itu menurut CIES, Everton juga kelebihan bayar sebesar € 25,2 juta Euro (Rp 387 Milyar) untuk pemain tengah Gylfi Sigurdsson dari Swansea.

Pemain lain yang masuk dalam daftar 10 besar CIES adalah Mamadou Sakho, Patrik Schick, Nemanja Matic, Harry Maguire dan Davide Zappacosta.

Matic didatangkan ke Old Trafford dan lembaga itu percaya Setan Marah terlalu banyak membayar sebesar 20,1 juta Euro (atau Rp 318 Milyar).

LEAVE A REPLY