Copa del Rey Masih Bingung Tentukan Lokasi Final

143

Gelaran Copa del Rey masih ‘rusuh’ soal penentuan lokasi final. Seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, ketika sudah ada dua tim finalis, panitia baru sibuk mencari di stadion mana laga final tersebut akan digelar.

Liga Spanyol  - Copa del Rey Masih Bingung Tentukan Lokasi Final

Gelaran Copa del Rey masih ‘rusuh’ soal penentuan lokasi final. Seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, ketika sudah ada dua tim finalis, panitia baru sibuk mencari di stadion mana laga final tersebut akan digelar.

Adubola.com – Hal serupa ini terus berulang dari tahun ke tahun, walaupun Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) kerap dikritik karena bekerja dengan cara yang dinilai tak masuk akal dan kuno.

RFEF pun dinilai tak mau belajar dari penyelenggaraan banyak event olahraga yang dilakukan negara-negara lain, termasuk seperti yang dilakukan UEFA dengan Liga Champions dan Liga Europa-nya.

Di Spanyol, venue untuk gelaran final Copa del Rey tak langsung diputuskan panitia. Mereka biasa menunggu sampai detik-detik terakhir -atau setelah dua tim lolos ke final- baru mencari stadionnya. Dan, selama ini tim-tim finalis itulah yang akan tentukan di mana mereka mau bertanding.

Ini berbeda dengan final Liga Champions maupun Liga Europa, di mana venuenya bahkan telah ditentukan beberapa tahun sebelumnya. Di Inggris, contohnya, mereka punya Stadion Wembley yang bisa digunakan untuk event serupa final Piala EFL atau Piala FA.

Lalu, di Jerman, mereka biasa memainkan final ajang domestik di Olympic Stadium, Berlin, sejak 1985 lalu. Begitu juga dengan Italia, yang punya Olympic Stadium di Roma, dan kerap digunakan untuk laga-laga final Coppa Italia atau Piala Super Italia sejak 2008 lalu. Sedangkan di Prancis, mereka punya Stade de France yang sudah jadi langganan event final sejak 1998 lalu.

Itu makanya disebutkan, liga-liga besar Eropa lainnya tidak punya masalah yang sama dengan apa yang terjadi di Spanyol. Hal inipun kembali terjadi di musim 2016/17 ini, di mana final Copa del Rey akan pertemukan Barcelona dengan tim promosi LaLiga, Deportivo Alaves.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pula, kedua finalis saling berebut ajukan calon venue mereka. Kini, Barcelona usulkan Santiago Bernabeu sebagai venue final Copa del Rey saat ini. Sedangkan Alaves, meminta agar RFEF ijinkan final Copa del Rey musim ini tersebut digelar di San Mames. Alasannya, lebih dekat untuk fans mereka.

Selama ini, Bernabeu yang terletak di tengah-tengah Spanyol selalu dinilai lebih masuk akal untuk dijadikan venue final Piala Raja. Tapi, Madrid tidak mau meminjamkannya saat Barcelona yang berhasil melaju ke final pada tahun 1997 silam. Tetapi, ketika final kala itu tetap digelar di Bernabeu dan Barcelona menang, himne Cule pun menggema di kandang Real Madrid tersebut.

Sejauh ini, RFEF siap untuk gunakan Vicente Calderon, yang memang sudah ditawarkan Atletico Madrid. Sementara sebagai alternatif, RFEF memilih Stadion Mestalla, yang sudah tiga kali menjadi lokasi final Copa del Rey dalam delapan musim terakhir.