Cristiano Ronaldo Terancam Absen 12 Pertandingan

Megabintang Real Madrid Cristiano Ronaldo hadapi sanksi larangan bermain dalam 12 pertandingan akibat mendorong wasit di leg pertama Piala Super Spanyol di kandang Barcelona, Senin (14/8).

Ini terjadi tak lama setelah Ronaldo dihadiahi kartu kuning ke dua yang berujung pada kartu merah. Ia tertangkap kamera mendorong punggung wasit Ricardo de Burgos karena lancarkan protes dan tak terima dituduh diving.

Akibatnya, bintang asal Portugal itu bisa dikenai sanksi denda karena tak terima dituduh diving di area penalti, bahkan terancam dilarang bermain dalam 12 pertandingan akibat mendorong wasit.

Ronaldo terlihat sangat marah saat wasit mengacungkan kartu kuning kedua, setelah Ronaldo dijegal bek Barcelona, Samuel Umtiti. Pemain berusia 32 tahun itu awalnya tidak percaya dengan pengusiran tersebut, ia letakkan kedua tangannya di atas kepalanya. Tapi kemudian berbalik menghadap wasit, sebelum akhirnya mendorong wasit asal Spanyol itu dengan tangan kanannya.

Hanya dua menit sebelumnya, Ronaldo sudah mendapat kartu kuning karena melepas bajunya saat ia lakukan selebrasi. CR7 memang sukses mencetak gol dan membawa Madrid unggul 2-1 di babak kedua.

Kini, tampaknya, Ronaldo bakalan tidak tenang menunggu keputusan mengenai sanksi yang akan diterima tersebut. Apalagi, ia disebut-sebut bisa absen dalam 12 pertandingan akibat sanksi suspensi.

Dalam pasal 96 peraturan federasi sepakbola Spanyol, memang sudah diatur mengenai sanksi yang bisa diterima seorang pemain, jika ia dinilai telah bersikap berlebihan terhadap wasit. Yakni ‘menarik, mendorong atau mengguncang-guncangkan’ tubuh wasit dengan cara yang ‘sedikit kasar’, maka pemain itu terancam dilarang bermain dalam empat sampai 12 pertandingan.

Dalam laporan pertandingan wasit, De Burgos menyatakan, “Begitu saya tunjukkan kartu merah kepadanya, pemain (Ronaldo) sedikit mendorong saya hingga tidak nyaman”.

Federasi kini akan putuskan seberapa parah tindakan Ronaldo, sebelum mereka tentukan sanksi apa yang akan diterima pemain itu. Kondisi ini jadi satu-satunya ‘noda’ dalam pertandingan yang menyenangkan bagi Zinedine Zidane di Camp Nou, karena Madrid sebenarnya bisa menang 3-1 atas tuan rumah di leg pertama ini. Berikutnya, El Real akan menjamu Barca di leg kedua, Kamis (17/8) dinihari WIB, tapi akan bermain tanpa Ronaldo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here