El Clasico di Piala Super Spanyol, dan Athletic Bilbao ke Liga Europa

397

Usai menangkan Copa del Rey di final melawan Deportivo Alaves, Barcelona akan bertemu juara LaLiga musim ini, Real Madrid, di Piala Super Spanyol. Keberhasilan Barca di Copa del Rey juga jadi berkah tersendiri bagi Athletic Bilbao yang melaju ke Liga Europa musim depan. 

Liga Spanyol  - El Clasico di Piala Super Spanyol, dan Athletic Bilbao ke Liga Europa

Liga Spanyol – Setelah menang 3-1 atas Deportivo Alaves dan jadi juara Copa del Rey 2017, Barcelona akan bertemu rival abadinya, Real Madrid, di Piala Super Spanyol musim depan.  Tiket Liga Europa yang diraih Barca usai juara Copa del Rey, nantinya akan dinikmati Athletic Bilbao yang akan mengambil tempat ketiga di kompetisi tier ke dua Eropa tersebut.

Skuad asuhan Luis Enrique itu terus menekan Real Madrid sampai menit-menit akhir LaLiga musim ini, tapi kemudian akhirnya kandas setelah Madrid berhasil kantongi enam poin lebih banyak dari klub Catalan itu. Namun, tampaknya, laga El Clasico akan membuka awal musim depan, dengan pertemuan dua tim raksasa Spanyol itu di ajang Piala Super Spanyol yang biasanya digelar di candra ke delapan setiap tahunnya.

Trofi Copa del Rey di pengujung musim ini, jadi satu-satunya trofi yang diraih Lionel Messi dan kawan-kawan di musim ini. Mereka gagal pertahankan gelar juara LaLiga musim ini, setelah sebelumnya gagal melaju di Liga Champions. Trofi ini juga jadi kenang-kenangan terakhir sang pelatih, Luis Enrique, yang hengkang dari Camp Nou pada akhir musim ini.

Kini, pekerjaan rumah pelatih baru Barcelona, Ernesto Valverde, adalah langsung memandu klubnya hadapi sang jawara, Real Madrid, di Piala Super Spanyol. Pada Agustus mendatang, akan jadi kans bagi Valverde untuk menjajal taktik yang dimilikinya bersama skuad baru melawan tim rival abadi mereka itu.

Pertandingannya sendiri akan digelar dalam dua leg, yakni pada 12 atau 13 Agustus untuk leg pertama di Camp Nou, dan diikuti leg ke dua pada 15 atau 16 Agustus di Santiago Bernabeu. Meski demikian, tanggal-tanggal ini masih akan dikonfirmasi lagi. Tapi, yang jelas, event-nya akan digelar sebelum musim baru dimulai pada 18 Agustus 2017.

Sejauh ini, Barcelona memang jadi langganan juara Piala Super Spanyol, di mana Barca jadi juara bertahan dan sudah jadi dalam 12 kali perhelatannya. Sedangkan sang bintang, Lionel Messi, jadi satu-satunya pemain yang terus mencetak gol di Piala Super Spanyol dalam enam musim beruntun, yakni pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015 dan 2016.

Selain laga El Clásico di Piala Super Spanyol, sebelumnya Barcelona dan Real Madrid jug akan bertemu di lafa El Clasico dalam laga persahabatan di Miami, Amerika Serikat, pada akhir Juli 2017.

LEAVE A REPLY