Ernesto Valverde Resmi Jadi Pelatih Barcelona

1230

Barcelona resmi menunjuk Ernesto Valverde sebagai pengganti Luis Enrique, yang mundur usai persembahkan trofi Copa del Rey di akhir musim ini.

Liga Spanyol  - Ernesto Valverde Resmi Jadi Pelatih Barcelona

Berita Transfer – Ernesto Valverde yang sebelumnya mengasuh Athletic Bilbao, teken kontrak dua tahun di Barcelona dan resmi mengambil alih pembinaan dari tangan Luis Enrique.

Diungkapkan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, pihaknya telah resmi menunjuk Ernesto Valverde sebagai pelatih FC Barcelona untuk dua musim ke depan.

Barca sebelumnya telah adakan pertemuan pada Senin sore, di mana Sekretaris Teknis Robert Fernández memberi tahu para direktur bahwa pelatih berusia 53 tahun itu akan mengambil alih posisi Luis Enrique. Valverde akan tanda tangani kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan kontrak di tahun ketiga, dan akan diperkenalkan secara resmi kepada media di Auditori 1899 akhir pekan ini.

Valvede telah dikabarkan akan jadi pelatih Barca selama beberapa pekan belakangan ini. Klub asal Catalan itu sebelumnya sudah pelajari sejumlah kandidat pelatih, yang seperti halnya Valverde, mereka juga mantan pemain Barca.

Sebut saja Ronald Koeman dan Eusebio Sacristán. Namun, kedua nama ini akhirnya mental, karena pengurus klub lebih suka pelatih Barca adalah orang asli Spanyol. Sementara Eusebio, saat ini sudah nyaman melatih di San Sebastián dan baru perpanjang kontraknya dua tahun di Real Sociedad yang berhasil dibawanya berlaga di Liga Europa musim depan.

Sejauh ini, Valverde-lah yang dinilai sempurna untuk Barcelona. Dia pernah habiskan dua musim di klub itu di akhir 80-an sebagai striker – bermain bersama Robert dan Eusebio. Sayangnya, ia kemudian dibekap cedera dan tinggalkan Camp Nou di tahun 1990 setelah hanya tampil dalam 22 pertandingan dan mencetak delapan gol.

Valverde juga dikenal dengan nama bekennya: El Txingurri (dalam bahasa Basque berarti ‘semut’), di mana pelatih kelahiran Caceres ini memulai karirnya sebagai pelatih di Athletic Bilbao di tahun 2003. Ia berhasil membawa Bilbao finish di posisi lima dan berhak atas tiket kualifikasi Piala UEFA di musim pertamanya di Bilbao. Saat itu, Bilbao juga berhasil melaju ke semifinal Copa del Rey setahun kemudian.

Masalah internal di Bilbao membuatnya hengkang di tahun 2005, dan setelah rehat satu tahun, dia kembali melatih dan gabung Espanyol. Saat itu, Espanyol juga berhasil di final Piala UEFA pada Mei 2007 – yang hadapi sesama tim asal Spanyol, Sevilla.

Valverde sempat dua musim mengasuh Olympiacos, menangkan dua trofi sekaligus di tahun 2009, yang kemudian diulanginya di tahun 2012 sebelum akhirnya tinggalkan Athena pada akhir musim karena alasan pribadi dan gabung kembali ke Bilbao di tahun 2013.

LEAVE A REPLY