Gerard Pique Desak Wasit LaLiga Melek Teknologi

Pemain Barcelona, Gerard Pique, kembali persoalkan wasit LaLiga. Kini, ia mendesak agar kinerja wasit segera diperbaiki dengan gunakan Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi teratas sepakbola Spanyol itu.

Berita Liga Spanyol – Bek Barcelona, Gerard Pique, menilai penggunaan VAR di LaLiga bisa jadi salah satu cara untuk perbaiki kinerja wasit dalam sebuah pertandingan.

Selama ini – terutama di musim lalu, Pique jadi pemain yang kerap berurusan dengan wasit. Ini karena pemain Timnas Spanyol itu sering ungkapkan komentar miringnya soal kinerja wasit. Alasannya, wasit kerap merugikan Barcelona, selain ia juga menilai wasit lebih memihak pada rival abadi Barca, Real Madrid.

Kini, Pique berharap, LaLiga segera terapkan penggunaan VAR agar bisa kurangi kesalahan wasit dalam mengambil keputusan. “Saya yakin, kita semua punya penilaian berbeda-beda soal wasit. Dilihat dari pelaksanaan La Liga musim lalu, VAR sangat penting karena wasit harus mengambil keputusan yang dibutuhkan agar mereka bisa tetapkan standar bekerja yang baik,” tandas Pique.

Saat ini, menurut Pique, pelaksanaan LaLiga belum sesuai standar, terutama dalam hal perwasitan. Dalam laporan Soccerway disebutkan, Pique mengaku pernah persoalkan itu dalam sebuah pertandingan, tetapi dirinya malah kena denda. “Karena itu, VAR sangat penting bagi wasit kami, itu pasti akan sangat membantu wasit dalam bekerja,” tambahnya.

Meski belum diterapkan di LaLiga, namun VAR sebenarnya sudah pernah diujicoba dalam sejumlah turnamen di musim ini. Bahkan di antaranya di ajang Piala Dunia Klub pada Desember lalu.

Di samping itu, Bundesliga juga sudah akan terapkan teknologi ini pada musim depan, karena dinilai penting dalam membantu wasit mengambil keputusan di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here